Sunday, June 22, 2008

TERNYATA BAMBANG NOORSENA ADALAH SAKSI DUSTA

Tanggapan atas Sesumbar Bambang Noorsena
(Edisi Revisi, lebih tajam)

Ternyata Bambang Noorsena adalah Saksi Dusta

Pengantar: Oleh karena tulisan berjudul "Tanggapan atas Sesumbar Bambang Noorsena" yang saya posting tanggal 27 April 2008 lalu ternyata mendapat respon-respon positif dari berbagai pihak kristen berbagai sekte yang ternyata juga tidak simpati terhadap sepak terjang Bambang Noorsena, maka sebagai apresiasi serta ekspresi pikiran bebas saya, saya ingin memberikan revisinya, lebih tajam lagi. Sebagai berikut:

Di cover belakang bukunya tertulis: Ojo Kagetan, Ojo Gumunan, Ojo Goblok! Bambang Noorsena Spesialis penyembuh penyakit pikiran, pengamat hubungan antaragama dan pendiri Institute for Syriac Christian Studies (ISCS). Sementara di cover depannya tertulis judulnya: SEKTE UNITARIAN BUKAN KRISTEN TAUHID Oleh: Bambang Noorsena, SH, MA. Setelah saya baca buku tipis 40 halaman itu, saya tersenyum sendiri sambil bergumam: “He..he..he.., nekad benar orang ini”. Kenapa saya anggap dia nekad? Berikut sekilas infonya:

Pada Tanggal 8 April 2008, Saya (Frans Donald) beserta Tim Unitarian (Benny Irawan, Oktino Irawan dan Tirto Sujoko) hadir di acara ISCS di Gedung Keuskupan Surabaya. Pembicara saat itu adalah Benny Irawan (Unitarian) dan Bambang Noorsena (Trinitarian, Ortodoks Syria).
Saya hanya akan menanggapi sedikit saja sesuatu hal yang menarik dan cukup mengejutkan terjadi ditengah-tengah acara itu, yaitu salah satu pernyataan “sesumbar / tantangan” dari Bambang Noorsena. Sambil menunjukkan buku tulisannya yang berjudul SEKTE UNITARIAN BUKAN KRISTEN TAUHID (buku yang diterbitkan untuk menyerang Unitarian), Bambang Noorsena berkata-kata di depan banyak orang yang hadir kala itu, kira-kira demikian:

“Kalau ada tulisan saya yang salah, silahkan saya dituntut! Tuntutlah saya dengan pasal pencemaran nama baik!”

Nah, hal yang sedikit mengejutkan saya hari itu adalah berkenaan dengan pernyataan Bambang tersebut. Saya terkejutnya adalah karena setelah saya baca buku karya Bambang setelah acara malam tersebut (buku: SEKTE UNITARIAN BUKAN KRISTEN TAUHID), ternyata buku itu isinya memang benar-benar mengandung “Pencemaran Nama Baik” serta “Kebohongan Publik”, sementara beberapa jam sebelumnya saya mendengar sesumbarnya menantang kami untuk menuntut jika ada tulisannya yang salah. He..he..he.. Saya agak heran. Padahal Bambang Noorsena adalah seorang yang bergelar “SH” alias Sarjana Hukum, bahkan pernah saya dengar dia adalah juga Dosen di salah satu universitas, serta juga mengaku-ngaku sebagai Intelektual Kristen. Sarjana Hukum (ahli Hukum yang tentunya wajib menegakkan kebenaran), Dosen dan Intelektual Kristen, kok nekad berani mempermalukan (merusak citra) dirinya sendiri dengan berbohong dan sesumbar begitu, ya? Apa jadinya bangsa kita jika memiliki Sarjana Hukum dan Dosen yang berakhlak buruk dan memalukan seperti itu? (Silahkan pembaca renungkan).
Apa saja “Kebohongan/penipuan Publik” dan “Pencemaran Nama Baik” yang nyata-nyata telah dilakukan Bambang Noorsena melalui bukunya yang berjudul: SEKTE UNITARIAN BUKAN KRISTEN TAUHID tersebut?
Cukup banyak kandungan fitnah dan penipuannya, saya tidak akan membahas seluruhnya, tetapi di antaranya misalnya:

1.Dalam buku yang tampaknya diterbitkan dengan tujuan khusus untuk menyerang Unitarian (yaitu Saya dan rekan-rekan saya) itu, Bambang Noorsena menuliskan:

Malahan, ketika seorang rekan menyodorkan buku Frans Donald, Allah dalam alkitab dan AlQur’an: Sesembahan yang Sama atau Berbeda, saya hanya mengirimkan SMS yang membodoh-bodohkan mereka. Kalau bukan begitu, lalu dengan kata apa lagi yang tepat? Mungkin saja Donald merasa terpukul dengan “bahasa Jawa Timuran” saya, dan balas mengkritik saya dan menyebut saya “kemaki”. …” (Hal.15, Unitarian Bukan Kristen Tauhid, tulisan Bambang Noorsena, 2008).

Bambang Noorsena, Sarjana Hukum (yang seharusnya wajib menjunjung tinggi kebenaran dan hukum), mengatakan bahwa Saya (Frans Donald) membalas mengkritik dan menyebut Bambang Noorsena “kemaki”. Padahal saya tidak pernah membalas SMS Bambang Noorsena tersebut dengan mengatai Bambang Noorsena “kemaki”. Pernyataan Bambang Noorsena dalam hal ini jelas-jelas adalah FITNAH dan PENIPUAN Publik!

2. Bambang Noorsena juga menuliskan:

“…mereka (Unitarian, maksudnya Pdt. Tjahjadi Nugroho, Frans Donald dan rekan-rekannya) reaksi dengan menggelar seminar yang menghadirkan Rm. Tom Jacobs, Rm. Banawiratma, Hortensius F. Mandaru dari Lembaga Alkitab Indonesia (LAI), dan Nugroho sendiri, di Semarang, 28 April 2007. Tujuan seminar itu jelas, untuk mencari dukungan para ahli seolah-olah membenarkan ajaran mereka. Hal itu tampak dari pertanyaan “menggiring” pewawancara, Hanna Lie, salah satu penganut ajaran Unitarian yang menjadi wartawan Crescendo.” (Hal.15, Unitarian Bukan Kristen Tauhid, karya Bambang Noorsena).

Tulisan Bambang Noorsena, Sarjana Hukum, tersebut jelas nyata-nyata sebagai suatu upaya pemelintiran (Penipuan Publik) atas fakta kejadian peristiwa (suatu sejarah) yang terjadi di tahun 2007 yang lalu. Bambang Noorsena telah memberikan informasi palsu (saksi dusta) kepada publik / masyarakat yang membaca bukunya, di antaranya:

1.Bambang Noorsena menuliskan bahwa acara seminar pada 28 April 2007 di Semarang, yang menggelar (mengadakan) adalah Unitarian (maksudnya: Pdt Tjahjadi Nugroho dan kawan-kawan saya sesame Unitarian), padahal kenyataannya jelas-jelas acara tersebut samasekali tidak digelar atas kemauan atau inisiatif sedikitpun dari Pdt. Tjahjadi Nugroho atau pun rekan-rekan saya sesama unitarian. Pernyataan Bambang Noorsena Ini jelas dusta alias “Penipuan kepada Publik”! Sangat banyak orang saksi yang tahu betul bahwa penyelenggara seminar tersebut adalah Majalah Lintas Denominasi Crescendo serta Yayasan Gema Kasih (yayasan Kristen yang sepengetahuan saya justru merupakan orang-orang yang menganut paham Trinitas) dan penyelenggaraan seminar 28 april 2007 itu tidak ada sama sekali campur tangan dari pihak kami (Unitarian).

2.Bambang Noorsena menuliskan juga bahwa seminar 28 April 2007 di Semarang ketika itu menghadirkan Nugroho (sebagai salah satu nara sumber). Ini nyata-nyata merupakan dusta atau Penipuan Publik! Pdt. Tjahjadi Nugroho saat seminar itu sama sekali tidak hadir, karena pak Nugroho memang bukan sebagai Pembicara saat itu. Nara sumber yang dihadirkan ketika itu ada 4 orang, yaitu: Romo Tom Jacobs, SJ, Profesor JB. Banawiratma, Hortensius F M, SSL dari L.A.I dan Pdt. Drie S Brotosudarmo, M.Th.

3.Bambang Noorsena menuliskan pula: Tujuan seminar itu jelas untuk mencari dukungan para ahli seolah-olah membenarkan ajaran mereka (ajaran Unitarian). Pernyataan ini juga jelas penuh dusta alias “Penipuan kepada Publik”. Karena banyak orang saksi yang tahu betul bahwa penyelenggara seminar tersebut adalah Majalah Lintas Denominasi Crescendo serta Yayasan Gema Kasih (yayasan Kristen yang sepengetahuan saya justru merupakan orang-orang yang menganut paham Trinitas). Tujuan acara itu nyata-nyata bukanlah sebagaimana fitnahan Bambang Noorsena terhadap kami (Unitarian) tersebut!

4.Di situ Bambang Noorsena menuliskan pula bahwa Hana Lie adalah salah satu penganut ajaran Unitarian yang menjadi wartawan Crescendo. Ini juga merupakan penyaksian yang dusta. Hanna Lie ketika itu adalah redaktur Crescendo dan bukan orang yang berorganisasi atau pun tergabung dalam jajaran Kristen Tauhid atau Unitarian Indonesia.

Hal-hal di atas adalah beberapa contoh bukti nyata dan akurat perihal kebohongan/penipuan Publik (Saksi Dusta) yang telah dilakukan oleh Bambang Noorsena. Dan di buku karya Bambang Noorsena tersebut masih ada lagi fitnahan ngawur terhadap Pdt. Tjahjadi Nugroho (yang menjabat ketua Asosiasi Pendeta Indonesia) serta juga mengandung pemelintiran-pemelintiran lain berkenaan dengan pernyataan-pernyataan yang dikemukakan oleh Romo Tom Jacobs mau pun Profesor Banawiratma dalam seminar di Semarang tersebut, guna seolah-olah membenarkan argumen-argumen Bambang. Tragis!
Salah satunya, kesan yang muncul dari tulisan Bambang tersebut seolah-olah Romo Tom Jacobs sebenarnya percaya bahwa Yesus itu Allah tetapi oleh pewawancara digiring agar Romo Tom mendukung pikiran pewawancara. Ini adalah fitnah, saya tahu betul pewawancara (Hanna Lie) bukanlah anggota Unitarian / Kristen Tauhid, Hanna Lie dalam wawancaranya sama sekali tidak bermaksud menggiring Romo Tom agar mengeluarkan statement yang menolak rumusan Trinitas. Saya punya bukti akurat berupa CD* dan wawancara Tom Jacobs yang tegas terang-terangan menolak rumusan doktrin Trinitas. Beberapa di antaranya, Tom Jacobs berkata:
“Sejak tahun 1974 sampai sekarang saya sudah tidak percaya bahwa Yesus itu Allah; Saya lebih kristiani sejak percaya bahwa Yesus itu bukan Allah dari pada sebelumnya. Yang benar ya Bapa itu Allah, Yesus itu jalan menuju Allah”. Serta pernyataan-pernyataan lain yang jelas sekali di mana Romo Tom menolak tegas rumusan-rumusan doktrin Trinitas!
Pendapat Saya, buku Unitarian Bukan Kristen Tauhid yang berisi fitnah, pencemaran dan penipuan publik tersebut sepertinya hanyalah berisi ungkapan-ungkapan sentiment pribadi Bambang Noorsena terhadap kami, entah mengapa dia begitu terkesan “kebakaran jenggot” atas keberadaan kami (Unitarian), saya tidak tahu pastinya. Tapi, kami, yang telah difitnah dan dicemarkan oleh Bambang Noorsena, merasa belum perlu menuntut “kejahatan” Bambang Noorsena tersebut sebagaimana sesumbarnya: “Tuntutlah saya kalau ada tulisan yang salah, dengan tuntutan pencemaran nama baik!”. Yang saya rasa lebih penting adalah kiranya publik, yang bisa berpikir lurus dan jujur di hadapan Tuhan, mengetahui mana yang benar dan mana yang dusta. Dan himbauan saya bagi antek-anteknya Noorsena, yang sering mengirim SMS gelap pada saya, sebaiknya anda semua camkan bahwa jika selama ini anda-anda begitu menyanjung-sanjung Noorsena serta mudah percaya dengan cerita-cerita tentang sejarah-sejarah doktrin gereja versi Noorsena, kini saatnya anda-anda pikirkan kembali, yaitu Haruskah Anda Percaya Bambang Noorsena yang sering mengaku sebagai peneliti dan intelektual Kristen, sementara terbukti nyata-nyata saat menganalisa / meneliti peristiwa sejarah di Indonesia yang baru terjadi 1 tahun berlalu dan masih hangat saja Noorsena terbukti jelas-jelas ngawur + fitnah + berani nekad terang-terangan menipu pada khalayak ramai, apalagi ketika Noorsena bicara sejarah-sejarah ribuan tahun yang silam, patut dipikirkan ulang. Demi kepentingan pribadi / golongannya, maka sangat mungkin Noorsena bisa jadi akan lebih berani lagi untuk mengubah sejarah dan memutar balikkan fakta-fakta! Sejarah yang baru, masih hangat, serta saksi-saksi hidup masih ada saja berani dipalsukan, apalagi sejarah yang terjadi nun jauh di sana di masa ribuan tahun yang silam di mana saksi-saksi hidup sudah tidak ada sama sekali! Ingatlah bahwa tentang Saksi Dusta Alkitab bersaksi:
“Enam perkara ini yang dibenci TUHAN, bahkan tujuh perkara yang menjadi kekejian bagi hati-Nya: mata sombong, lidah dusta …, hati yang membuat rencana-rencana yang jahat, … seorang saksi dusta yang menyemburkan kebohongan …” Amsal 6:16-19
“Saksi yang setia tidak berbohong, tetapi siapa menyembur-nyemburkan kebohongan adalah saksi dusta.” Amsal 14:5
“Saksi dusta tidak akan luput dari hukuman..” Amsal 19:5
Iblis adalah Bapa para pendusta (Yoh 8:44), jadi seorang Saksi Dusta = anak Iblis! Camkanlah semua itu.
Terimakasih.

(Frans Donald, kontak telp. 081 7971 9991)

*Note: Bagi yang berminat copyan CD Seminar Romo Tom Jacobs, yang berisi statemen terang-terangan beliau menolak rumusan Trinitas dan tidak percaya Yesus Allah, silakan hubungi saya.

118 comments:

sarungtenun said...

salam untuk mas Frans.
ada banyak kesan berkenalan dengan Anda.
Semoga perjuangan Anda dan rekan-rekan Anda memberikan jalan terang.
Saya menilai Unitarian lebih santun dan sangat membaur dengan kami, muslim, tanpa ada persepsi yang salah kepada kami.
Dan semoga kami pun tidak salah, menilai Anda.

Mau Uang & Makanan said...

Pak Sarung... kami tidak perlu tidak butuh penilaian dari manusia seperti Anda dan rekan2. Kami lebih suka dinilai & berkenan dihadapan BAPA di Sorga, bukan bapa di neraka.

Mau Uang & Makanan said...

Pak Sarung... saya seorang pengikut Isa Almasih mau menyampaikan maaf kepada rekan muslim karena banyak rekan kami yang dikuasai roh kegelapan (demikian pula di pihak Anda apakah 100% dikuasai roh Allah ?), saya juga mau berterima kasih kepada muslim yang mengkritik kami dengan tujuan kebenaran dan pemurnian. Saya sadar bahwa tauhid adalah jalan saya. Tauhid ini tidak cukup hanya di otak saja atau angan-angan saja.
Kami pun berharap Anda & rekan2 tidak mengecewakan ALLAH di Sorga, bukan allah di dunia ini atau allah di neraka.

yesco said...

Gw sudah tahu siapa frans donald,seorang pengecut,Gw baca debat dia dengan budi asali dan esra,tapi dia diam seribu bahasa,sembunyi di bawah ketek temannya,gw liat bukunya di gramedia,gw cuma bisa ketawa baca buku gituan.....

Anonymous said...

Tanggapan

(1)
Pdt. Budi Asali, M. Div.

terhadap buku
Allah dalam Alkitab dan Al-Quran

(Frans Donald)



Keterangan: saya tidak membahas buku ini secara sistimatis, tetapi membahasnya halaman demi halaman, untuk memudahkan orang-orang yang membaca buku ini untuk melihat kesalahan-kesalahan dan bahkan kesesatan-kesesatan dari buku ini.



1) Pada hal 7 (pada bagian ‘Ucapan Terima Kasih’) dikatakan sebagai berikut: “Ucapan khusus terima kasih juga layak saya ucapkan buat para pendeta dan orang-orang yang selama ini sering menuduh dan memfitnah kami sebagai sesat atau bidat. ... Juga pendeta ‘S’ di Surabaya yang menuduh saya sesat dan antikris. Alhamdulilah tuduhan-tuduhan dan fitnah-fitnah tersebut justru menjadi ‘vitamin’ dan ‘suplemen’ yang semakin mendorong semangat saya dalam menyelesaikan dan terus menyempurnakan buku ini”.



Tanggapan Pdt. Budi Asali, M. Div.:



Saya menyoroti kata-kata ‘memfitnah’ dan ‘fitnah-fitnah’ yang saya garis bawahi itu. Saya berpendapat bahwa Frans Donald sendiri, dengan menggunakan kata ‘fitnah’ atau ‘memfitnah’, telah melakukan fitnahan. Orang-orang itu tidak salah dalam menuduh Frans Donald sebagai orang sesat / bidat, bahkan benar 100 %, dan karena itu tuduhan itu bukanlah suatu fitnahan. Pada saat Frans Donald menyebutnya sebagai ‘fitnah’, ia justru yang menjadi pemfitnah!



2) Pada hal 8 (pada bagian ‘Pengantar’, oleh Dr. Tjahyadi Nugroho, MA) dikatakan sebagai berikut: “Jika ada dua agama yang begitu dekat hubungannya, tetapi sekaligus begitu tragis dan berdarah relasinya, barangkali itu adalah agama Kristen dan Islam. Kedua agama ini berakar dari sumber yang sama, rumpun iman Ibrahimik. Keduanya mengimani Ibrahim (Abraham) sebagai bapa leluhur iman mereka, dan Adam sebagai asal usul umat manusia. ... Mengingat Kristen dan Islam sebagai dua di antara agama-agama bersar dunia yang dianut setidaknya oleh separuh jumlah penduduk dunia saat ini, maka upaya menemukan titik temu menuju perdamaian dan saling menghargai antara kedua pihak umat merupakan satu ikhtiar yang penting”.



Tanggapan Pdt. Budi Asali, M. Div.:



a) Ini merupakan kesimpulan yang terlalu cepat, tanpa dipikir, menggelikan, dan diatas segala-galanya, tidak Alkitabiah. Hanya karena secara jasmani Kristen dan Islam berasal dari Abraham, sama sekali tidak bisa dijadikan dasar untuk mengatakan bahwa kedua agama itu berhubungan dekat. Kalau memang bisa disimpulkan demikian, maka konsekwensinya adalah: semua agama berhubungan dekat, karena semua berasal dari sumber yang sama, rumpun iman Adamik!



b) Jangankan Kristen dan Islam, bahkan Kristen dan agama Yahudipun secara teologis sangat berbeda dan bahkan bertentangan!

Bdk. Yoh 8:39-40 - “(39) Jawab mereka kepadaNya: ‘Bapa kami ialah Abraham.’ Kata Yesus kepada mereka: ‘Jikalau sekiranya kamu anak-anak Abraham, tentulah kamu mengerjakan pekerjaan yang dikerjakan oleh Abraham. (40) Tetapi yang kamu kerjakan ialah berusaha membunuh Aku; Aku, seorang yang mengatakan kebenaran kepadamu, yaitu kebenaran yang Kudengar dari Allah; pekerjaan yang demikian tidak dikerjakan oleh Abraham”.



c) Apakah Yesus / Kitab Suci kita mengajarkan untuk mencari titik temu antara Kristen dengan agama-agama lain? Yang Dia perintahkan adalah memberitakan Injil kepada semua orang!

Mat 28:19-20 - “(19) Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa muridKu dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus, (20) dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman.’”.



Apakah rasul-rasul dan orang-orang kristen abad pertama mencari titik temu antara Kristen dan agama Yahudi? Tidak! Yang mereka lakukan lagi-lagi adalah memberitakan Injil kepada mereka!



Kristen memang berbeda, dan bahkan bertentangan dengan semua agama lain. Tidak akan ada titik temu! Ini tidak berarti bahwa secara fisik kita harus bermusuhan dengan orang-orang beragama lain. Sama sekali tidak! Kita harus mengasihi semua orang, termasuk yang beragama lain (Mat 22:39). Tetapi itu tidak berarti kita harus / boleh mengkompromikan iman kita, yang memang berbeda, dan bahkan bertentangan, dengan agama-agama lain.



3) Pada hal 10: (pada bagian ‘Pengantar’, oleh Dr. Tjahyadi Nugroho, MA) dikatakan sebagai berikut: “Sejak awal pembaca diajak bersepakat untuk menjadikan Alkitab dan Al-Quran sebagai fondasi kajian, ... ”.



Tanggapan PPdt. Budi Asali, M. Div.:



Alkitab dan Al-Quran merupakan 2 buah Kitab Suci yang bukan hanya berbeda tetapi juga bertentangan!

Sebagai contoh: dalam Alkitab dikatakan bahwa Abraham mempersembahkan Ishak, sedangkan dalam Al-Quran dikatakan bahwa Abraham mempersembahkan Ismael. Ini betul-betul 2 cerita yang bertentangan frontal; dan tidak mungkin bisa diharmoniskan!

Ini baru contoh tentang cerita, lebih-lebih kalau contoh perbedaan / pertentangan secara doktrinal! Misalnya dalam hal doktrin Allah Tritunggal, keilahian Kristus, Penebusan, keselamatan oleh iman saja, dan sebagainya.

Jadi, seseorang yang mempunyai logika, hanya bisa menerima salah satu dari kedua Kitab Suci ini sebagai yang benar. Menerima kedua-duanya merupakan tindakan tolol yang tidak mempunyai akal sehat!



4) Pada hal 21: (pada bagian ‘Catatan Penulis’) dikatakan sebagai berikut: “Dalam buku ini, penulis sedapat mungkin menggunakan metode ‘kitab suci apa adanya’: membaca Al-Quran dengan metode tafsir Al-Quran bi Al-Quran, yaitu penafsiran ayat Al-Quran dengan ayat Al-Quran juga; membaca Alkitab dengan metode sola scriptura (hanya Alkitab saja) dan scriptura interpres scriptura (Alkitab ditafsirkan oleh Alkitab sendiri, ayat menjelaskan ayat), ...”.



Tanggapan Pdt. Budi Asali, M. Div.:



Lagi-lagi suatu kata-kata konyol yang saling bertentangan dengan dirinya sendiri. Kalau Frans Donald memang menggunakan / mempercayai Alkitab dan Al-Quran, bagaimana mungkin ia menggunakan motto Sola Scriptura (= hanya Alkitab / Kitab Suci)?



Tentang metode ‘Alkitab ditafsirkan oleh ayat Alkitab sendiri, ayat menjelaskan ayat’ akan kita lihat selanjutnya apakah ia memang konsisten dengan kata-katanya di sini atau tidak.



5) Pada hal 24 dikatakan sebagai berikut: “Penting dipahami, bahwa di dalam Alkitab atau Bible berbahasa Indonesia, ‘Allah pasti Tuhan tapi Tuhan belum tentu Allah’. Sebab, kata Tuhan sering muncul dalam Alkitab diterjemahkan dari adonay atau kurios alias lord, yang tidak selalu menunjuk kepada Allah (Elohim atau Theos alias God). Misalnya, tertulis bahwa Abraham (Ibrahim) oleh istrinya disebut sebagai lord. ‘... as Sarah obeyed Abraham, calling him lord.’ (1Petrus 3:6). Sarai memanggil Ibrahim tu(h)an, tapi jelas Abraham bukan Allah (God). Yesus di dalam Injil juga disebut sebagai lord (kurios), yang dalam Alkitab bahasa Indonesia diterjemahkan Tuhan. ‘God has made Jesus both Lord and Christ’ (Kisah Para Rasul 2:36), dalam Bahasa Indonesia menjadi ‘Allah telah membuat Yesus ... menjadi Tuhan dan Kristus.’ Makna kata Tu(h)an Yesus tidak berbeda dengan Tu(h)an Abraham. Dalam bahasa Jawa diterjemahkan menjadi Gusti Yesus. Yesus disebut Lord (Tuhan) bukan God (Allah). Dengan pemahaman yang benar tentang istilah penting ini, maka umat Islam tidak perlu berkeberatan jika Yesus oleh umat Nasrani disebut sebagai Tuhan. Tuhan Yesus bukan dimaksud sebagai Allah Yesus. Sementara itu, Allah (God) pasti adalah Tuhan (Tuan), bahkan Tuhan di atas segala tuhan (tuan). Seperti yang tertulis di kitab Ulangan 10:17 God is Lord of lords - Allah adalah Tuhan dari segala tuhan.’”<.



Tanggapan PPdt. Budi Asali, M. Div.:



a) Memang benar bahwa kata ADONAY atau KURIOS yang berarti ‘Tuhan’, belum tentu menunjuk kepada Allah. Jadi, sebetulnya bisa diterjemahkan ‘Tuhan’, ataupun ‘tuan’. Kontext harus menentukan terjemahan mana yang dipilih. Pada waktu kata itu diterapkan kepada Abraham, maka jelas bahwa harus diterjemahkan ‘tuan’. Tetapi pada waktu hal yang sama diterapkan kepada Yesus, maka itu betul-betul merupakan suatu pengawuran tanpa dasar. Banyak ayat Kitab Suci yang menyatakan Yesus sebagai Allah (Yes 9:5 Yoh 1:1 Yoh 20:28 Ro 9:5 Fil 2:5-7 Tit 2:13 Ibr 1:8 1Yoh 5:20 Wah 1:8), dan karena itu jelas bahwa Ia juga adalah Tuhan.



b) Motto kelompok Unitarian ‘Allah pasti Tuhan tapi Tuhan belum tentu Allah’ didengungkan berulang-ulang. Tetapi dalam perdebatan terbuka antara saya dengan Frans Donald dan kawan-kawannya, kami pernah memperdebatkan tentang 1Kor 8:4-6 - “(4) Tentang hal makan daging persembahan berhala kita tahu: ‘tidak ada berhala di dunia dan tidak ada Allah lain dari pada Allah yang esa.’ (5) Sebab sungguhpun ada apa yang disebut ‘allah’, baik di sorga, maupun di bumi - dan memang benar ada banyak ‘allah’ dan banyak ‘tuhan’ yang demikian - (6) namun bagi kita hanya ada satu Allah saja, yaitu Bapa, yang dari padaNya berasal segala sesuatu dan yang untuk Dia kita hidup, dan satu Tuhan saja, yaitu Yesus Kristus, yang olehNya segala sesuatu telah dijadikan dan yang karena Dia kita hidup”.

Pihak Unitarian menekankan bagian yang saya beri garis bawah tunggal, yaitu kata-kata ‘bagi kita hanya ada satu Allah saja, yaitu Bapa’. Dan mereka lalu mengatakan bahwa ini membuktikan bahwa Yesus bukan Allah.

Saya menjawab dengan mengatakan bahwa kalau kata-kata ‘bagi kita hanya ada satu Allah saja, yaitu Bapa’ (ay 6a) menunjukkan bahwa Yesus bukan Allah, maka konsekwensinya adalah bahwa kata-kata yang saya beri garis bawah ganda, yaitu ‘satu Tuhan saja, yaitu Yesus Kristus’ (ay 6b) harus diartikan bahwa Bapa bukan Tuhan.

Saya lalu menekan mereka dengan pertanyaan: ‘Bagi kalian Bapa itu Tuhan atau bukan? Kalau Ya, maka ada dua Tuhan, dan itu bertentangan dengan ay 6b itu’.

Catatan: perlu saudara perhatikan bahwa kata-kata ‘satu Allah’ dan ‘satu Tuhan’ dalam ay 6 kontras dengan kata-kata ‘banyak allah’ dan ‘banyak tuhan’ dalam ay 5. Yang dalam ay 5 jelas menunjuk kepada dewa-dewa palsu, tetapi yang dalam ay 6 pasti menunjuk kepada Allah / Tuhan yang sungguh-sungguh!



Bagi saya sebagai seorang Trinitarian, ayat ini tidak menimbulkan problem. Bapa memang Allah tetapi Yesus juga. Apakah lalu ada 2 Allah? Tidak, karena Yesus dan Bapa adalah satu (Yoh 10:30). Demikian juga Yesus adalah Tuhan. Bapa juga adalah Tuhan. Apakah lalu ada 2 Tuhan? Tidak, karena Yesus dan Bapa adalah satu. Ini sesuai dengan Pengakuan Iman Athanasius yang berbunyi sebagai berikut:

“15. Thus the Father is God, The Son is God, the Holy Ghost is God. 16. And yet there are not three Gods, but one God. 17. Thus The Father is Lord, the Son is Lord, the Holy Ghost is Lord. 18. And yet there are not three Lords, but one Lord. 19. Because as we are thus compelled by Christian verity to confess each person severally to be God and Lord; so we are prohibited by the Catholic religion from saying that there are three Gods or Lords” (= 15. Demikian juga Bapa adalah Allah, Anak adalah Allah, Roh Kudus adalah Allah. 16. Tetapi tidak ada tiga Allah, tetapi satu Allah. 17. Demikian pula Bapa adalah Tuhan, Anak adalah Tuhan, dan Roh Kudus adalah Tuhan. 18. Tetapi tidak ada tiga Tuhan, tetapi satu Tuhan. 19. Karena sebagaimana kami didorong seperti itu oleh kebenaran Kristen untuk mengakui setiap pribadi secara terpisah / individuil sebagai Allah dan Tuhan; demikian pula kami dilarang oleh agama Katolik / universal / am untuk mengatakan bahwa ada tiga Allah atau Tuhan) - A. A. Hodge, ‘Outlines of Theology’, hal 117-118.



Tetapi bagi pihak Unitarian, yang mempercayai bahwa Bapa dan Yesus itu betul-betul merupakan 2 pribadi yang terpisah total, maka 1Kor 8:6 ini pasti menjadi seperti duri dalam mata mereka!



Mereka berputar-putar tak mau menjawab pertanyaan saya. Tetapi saya tekan terus, sehingga akhirnya Frans Donald dan Benny mengatakan (dengan terpaksa) bahwa dalam kontext itu Bapa bukan Tuhan!

Yang saya ingin tanyakan adalah: lalu kemana motto mereka bahwa ‘Allah pasti Tuhan tapi Tuhan belum tentu Allah’????





-AMIN-

Anonymous said...

Giat dan berkobar-kobar dalam pelayanan? itu bagus, tapi musti belajar Firman Tuhan dengan sungguh-sungguh dan
diperlengkapi dengan pengertian Firman Tuhan yang benar. Bukan asal-asalan.

Siapa Malas belajar Firman Tuhan dengan sungguh-sungguh berpotensi untuk disesatkan dan menyesatkan!!!
Firman Tuhan:

Rom 10:2 Sebab aku dapat memberi kesaksian tentang mereka, bahwa mereka sungguh-sungguh giat untuk Allah, tetapi tanpa pengertian yang benar.

Perhatikan Firman Tuhan terhadap nabi-nabi palsu itu dan sikap kita yang berdiam diri:

Yer 23:21 "Aku tidak mengutus para nabi itu, namun mereka giat; Aku tidak berfirman kepada mereka, namun mereka bernubuat.

Mat 7:15 "Waspadalah terhadap nabi-nabi palsu yang datang kepadamu dengan menyamar seperti domba, tetapi sesungguhnya mereka adalah serigala yang buas.

Mat 24:11 Banyak nabi palsu akan muncul dan menyesatkan banyak orang.

Mar 13:22 Sebab Mesias-mesias palsu dan nabi-nabi palsu akan muncul dan mereka akan mengadakan tanda-tanda dan mujizat-mujizat dengan maksud, sekiranya mungkin, menyesatkan

2Kor 11:3-4 Tetapi aku takut, kalau-kalau pikiran kamu disesatkan dari kesetiaan kamu yang sejati kepada Kristus, sama seperti Hawa diperdayakan oleh ular itu dengan kelicikannya. Sebab kamu sabar saja, jika ada seorang datang memberitakan Yesus yang lain dari pada yang telah kami beritakan, atau memberikan kepada kamu roh yang lain dari pada yang telah kamu terima atau Injil yang lain dari pada yang telah kamu terima.

Nugroho Tjahyadi, Aryanto Nugroho, Ellen Kristi, Frans Donald, Benny Irawan, Oktino Irawan dan Tirto Sujoko Segeralah Bertobat!!! Jangan keraskan hati kalian!!!

WongKampoeng said...

saat ada 4 bapak2 sedang berjalan, kemudian ada yg memanggil "pak.. pak", pasti ke 4 bpk itu akan menoleh utk mengetaui siapa yg memanggil.
saat 2 org pemuda sedang asyik nongkrong, kemudian ada seorang gadis yg memanggil "mas.. mas" pasti ke 2 pemuda itu akan menoleh semua ke arah org yg memanggil.
saat ada orang yg memanggil " Ya Allahku" .. Allah siapakah yg menoleh ?? org islam memanggil Tuhannya Allah, org kristen jg memanggil Allah.. apakah krn org islam memanggil dalam bhs arab atau krn sdg bersujud diatas sajadah mk itu Allahnya atau org islam atau krn diucapkan dlm bhs indonesia mk itu Allahnya org kristen??
atau
Pasti ada yg bilang "Tuhan kan melihat dulu iman n isi hati manusianya dulu", tp apakah yg secara pst membedakan antara memanggil Allah org islam n kristen, adakah yg bs menjelaskan sesuai ayat2 Alkitabnya??
Krn itu aku bangga, aku senang, aku bahagia, aku yakin bahwa ketika aku menyebut Allahku, maka hanya dialah Allah yg MahaAda n MahaBenar.. yaitu Tuhan Allah YESUS KRISTUS

WongKampoeng said...

aaaaaaargh

kala said...

Frans... apa bedanya kau dan saksi yehova? Bambang Noorsena juga punya hak untuk Yakin kalau Yesus adalah Hakim yang adil setelah kita mati..sebagaimana diyakini umat Islam. Setahu saya yang menghakimi jiwa hanya Tuhan yang maha Esa.... Ka;lau yesus juga diyakini sebagai hakim Jiwa-jiwa manusia, lau siapa sebenarnya Yesus itu....

Unknown said...

Tanggapan buat KALA: ....kalau Yesus adalah Hakim yang adil setelah kita mati..sebagaimana diyakini umat Islam.....
Ah, sejak kapan umat Islam meyakini Yesus mejadi hakim setelah mati? kalo nanti Yesus akan muncul kembali, memang diyakini oleh sebagian umat Islam.

richard yoka said...

Setiap ada yang berkata pada saya bahwa Yesus bukan Tuhan, saya hanya bisa tersenyum karena mereka berbicara ke orang yang salah, jika mereka mengatakan pada orang belum memiliki "perjumpaan dengan Yesus" mungkin bisa saja, tapi kepada saya? Mustahil! saya masih hidup hingga sekarang karena Yesus adalah Tuhan.

Sebelum saya bertobat saya adalah orang sangat bejat, penipu kelas tinggi, hampir kebayakan dosa saya adalah dosa2 yang tak dilakukan orang, kehidupan saya sangat gelap. sewaktu saya bertobat, "theofani" Yesus hadir di samping saya dan berkata mulai hari ini layani lah aku.., saya bertanya: "siapa Engkau"...Dia menjawab: "Aku adalah Tuhan Allahmu, Yesus Kristus, berikanlah seluruh hidupmu kini bagi KerajaanKU". Dan tau apa yang terjadi? saya bertobat, saya sadar, saya sembuh dan saya dipulihkan. Kehidupan saya semakin hari semakin membaik di dalam Tuhan bahkan Tuhan memberkati hidup saya yang luarbiasa, yang dulu dikatakan orang: manusia sampah tak berguna, mati lebih baik tak menyusahkan...namun kini saya sangat berharga, setiap orang yang mengenal saya, melihat hidup saya kini pasti memuliakan Tuhan karena mampu mengubahkan seseorang yang begitu bejat dan nista.

Ilustrasi nya seperti ini: jika ada orang yang berkata: Aku kenal bapakmu, bapakmu bukan laki2, hahahaha yah pasti saya tertawa, sangat jelas dia adalah laki2 karena saya yang bertemu dia hampir setiap hari dan saya lah yang pernah 'melihat' dia sebagaimana dia ada. Lucu kan kalau orang ngotot sama saya bahwa bapak saya bukan laki2?

sama konyolnya dengan seseorang yang berkata bahwa Yesus Bukan Tuhan kepada orang yang pernah "bertemu" dengan DIa secara pribadi.

Iman Kristen bukan sekedar pengetahuan dalam teks2 ayat ayat yang diteliti saja tapi pengetahuan yang disertai dengan pengalaman pribadi, itulah mengapa orang2 kristen banyak disebut sebagai 'saksi'. Dalam sebuah kasus pembuktian yang paling kuat adalah fakta+saksi.

Pertanyaan saya bagi yang merasa bahwa Yesus bukan Tuhan,pernahkah "bertemu" dengan apa yang kamu sebut TUHAN mu? lalu bagaimana kamu yakin bahwa itu TUHAN mu?

Itulah mengapa Paulus sangat yakin di dalam Injil karena dia telah bertemu dengan Yesus yang adalah Tuhan dalam perjalanannya ke damsyik ketika ingin mengejar orang kristen untuk dibunuh, namun pertemuannya dengan Kristus membawa nya pada pertobatan lalu dia menjadi saksi Kristus, bukan hanya pengetahuan namun juga pengenalan akan Kristus.

pernahkah kamu melihat angin?pasti tidak, tapi kamu pasti dapat merasakannya bukan?bahkan saat dia menjadi angin puting beliung sekilas kamu dapat melihat'bentuknya' sehingga kamu tau itu pasti angin!

Biarpun saya mengatakan fakta apapun, jika anda tidak membuka hati...percuma saja untuk berusaha mengerti dan memahami bahwa Yesus itu Tuhan karena untuk mengerti hal itu kamu membutuhkan "Iman",
sama seperti anda berusaha memahami matematika dan bahasa inggris. kalau anda tidak suka gurunya pasti sulit untuk menerima ajarannya, namun jika kita mengawali hati kita terbuka dan positif terhadap guru kita, niscaya pelajarannya akan lebih mudah untuk kita pahami.

Salam sejahtera bagi kita semua, saya sangat mengasihi kalian semua.

irfanliebe.blogspot.com said...

Frans, pertama baca judul artikelmu di google, saya kira pembahasanmu akan sangat2 didasari atas pembahasan yg detail, cerdas, logis, teologis dan dapat dipertanggungjawabkan. Ternyata cuma sentimen pribadimu terhadap orang yg tidak menerima kesesatanmu. Dengan membuat judul "Ternyata Bambang Noorsena adalah Saksi Dusta" kamu pun sudah menyebarkan dusta kepada para pen-searching google. Bertobat kawan, Yesus itu Tuhan Allah!

darryl said...

frans,,,mintalah waktu yg lebih intens dgn pak Bambang Noorsena dan belajarlah ajaran yg benar,,,saya rasa orang spt Bambang Noorsena pasti mau menyediakan waktu utk anda,,,selamat menjadi orang Kristen yg lahir baru,,,GBu.

Yosua Guntur said...

Frans Donald, kok kamu banyak ngawurnyah sih.
Emang dapet refrensi dari mana?

Andry Lothar Matheaus Rocilianov Salamony said...

Penilaian saya tentang Frans Donald? Tidak ada penulis yang paling buruk di Indonesia selain dirinya. Idenya tidak jelas. Struktur bahasanya berhamburan. Pilihan katanya sangat emosional. Saya tidak tahu dimana ia menamatkan sekolahnya.
Bambang Noorsena? Saya membaca artikelnya di google tentang tanggapan atas film dan novel "ayat-ayat cinta". Tanggapan saya: 4 tumbs up buat Bambang.

travelmate said...

Coba rekan-rekan baca juga buku "Menuju Dialog Teologis Kristen - Islam" Karya Bambang Noorsena. Semoga Banyak pencerahan buat rekan-rekan. Bismil Abi wal Ibni war Ruhil Quddusi, Al-Ilahuw Wahid, Amien. Oh iya...untuk saudara-saudara lainku yang beragama muslim, selama ini pemahaman saudara tentang Kristen mungkin seakan sangat jauh dengan iman saudara....Kristen yang berkembang di Indonesia sebagian besar adalah Kristen yang dibawa oleh budaya Eropa, apalagi era modern sekarang ini. Teks pengakuan Iman dalam liturgi berbahasa Arami dalam geraja kuno (gereja mula-mula) yang sekarang dipkaia oleh saudara seiman kita Ortodox Syria di damascus dan Kristen Koptik di timur tengah termasuk arab :
kami percaya kepada satu-satunya Ilah yaitu Allah, Bapa (Al-Wujud, yang berdiri pada Dzat-Nya sendiri) yang Mahakuasa, Khalik Langit dan bumi, segala sesuatu yang kelihatan dan yang tidak kelihatan. Dan kepada satu-satunya Tuhan (Rabb), yaitu "Isa Al-Masih, Putra Allah Yang Tunggal (Akal Allah atau firman yang kekal), yang dilahirkan dari Bapa (Al-Wujud) sebelum segala abad, Terang yang keluar dari sumber Terang, (firman) Allah yang keluar dari (Wujud) Allah, dilahirkan dan bukan diciptakan, yang satu dengan Allah dalam Dzat-Nya yang Esa, yang mellalui-Nya segala sesuatu diciptakan. Untuk kita manusia dan demi keselamatan kita, telah nuzul dari surga, dan dari perawan Maryam yang Suci, Walidatul illah dan telah menjadi Manusia.....dst.....(mohon kiranya gereja-gereja yang selama ini belum menggunakan Pengakuan Iman atau syahadat agar memperbaharui iman kita dengan pengucapan ini, untuk gereja-geraja protestan maupun katolik yang telah memakai pengakuan Iman/syahadat.....semoga senantiasa bisa memperbaharui iman dan mengingatkan kita akan ajaran yang Tauhid. (GKI, GKJ, GKJW, GKPB, GPIB, HKBP, GKJTU, Gereja Pasundan, Gereja Ende, dan gereja-geraja lain sudah banyak yang memasukkan Syahadat dalam peribadatannya)

travelmate said...

Coba rekan-rekan baca juga buku "Menuju Dialog Teologis Kristen - Islam" Karya Bambang Noorsena. Semoga Banyak pencerahan buat rekan-rekan. Bismil Abi wal Ibni war Ruhil Quddusi, Al-Ilahuw Wahid, Amien. Oh iya...untuk saudara-saudara lainku yang beragama muslim, selama ini pemahaman saudara tentang Kristen mungkin seakan sangat jauh dengan iman saudara....Kristen yang berkembang di Indonesia sebagian besar adalah Kristen yang dibawa oleh budaya Eropa, apalagi era modern sekarang ini. Teks pengakuan Iman dalam liturgi berbahasa Arami dalam geraja kuno (gereja mula-mula) yang sekarang dipkaia oleh saudara seiman kita Ortodox Syria di damascus dan Kristen Koptik di timur tengah termasuk arab :
kami percaya kepada satu-satunya Ilah yaitu Allah, Bapa (Al-Wujud, yang berdiri pada Dzat-Nya sendiri) yang Mahakuasa, Khalik Langit dan bumi, segala sesuatu yang kelihatan dan yang tidak kelihatan. Dan kepada satu-satunya Tuhan (Rabb), yaitu "Isa Al-Masih, Putra Allah Yang Tunggal (Akal Allah atau firman yang kekal), yang dilahirkan dari Bapa (Al-Wujud) sebelum segala abad, Terang yang keluar dari sumber Terang, (firman) Allah yang keluar dari (Wujud) Allah, dilahirkan dan bukan diciptakan, yang satu dengan Allah dalam Dzat-Nya yang Esa, yang mellalui-Nya segala sesuatu diciptakan. Untuk kita manusia dan demi keselamatan kita, telah nuzul dari surga, dan dari perawan Maryam yang Suci, Walidatul illah dan telah menjadi Manusia.....dst.....(mohon kiranya gereja-gereja yang selama ini belum menggunakan Pengakuan Iman atau syahadat agar memperbaharui iman kita dengan pengucapan ini, untuk gereja-geraja protestan maupun katolik yang telah memakai pengakuan Iman/syahadat.....semoga senantiasa bisa memperbaharui iman dan mengingatkan kita akan ajaran yang Tauhid. (GKI, GKJ, GKJW, GKPB, GPIB, HKBP, GKJTU, Gereja Pasundan, Gereja Ende, dan gereja-geraja lain sudah banyak yang memasukkan Syahadat dalam peribadatannya)

travelmate said...

Coba rekan-rekan baca juga buku "Menuju Dialog Teologis Kristen - Islam" Karya Bambang Noorsena. Semoga Banyak pencerahan buat rekan-rekan. Bismil Abi wal Ibni war Ruhil Quddusi, Al-Ilahuw Wahid, Amien. Oh iya...untuk saudara-saudara lainku yang beragama muslim, selama ini pemahaman saudara tentang Kristen mungkin seakan sangat jauh dengan iman saudara....Kristen yang berkembang di Indonesia sebagian besar adalah Kristen yang dibawa oleh budaya Eropa, apalagi era modern sekarang ini. Teks pengakuan Iman dalam liturgi berbahasa Arami dalam geraja kuno (gereja mula-mula) yang sekarang dipkaia oleh saudara seiman kita Ortodox Syria di damascus dan Kristen Koptik di timur tengah termasuk arab :
kami percaya kepada satu-satunya Ilah yaitu Allah, Bapa (Al-Wujud, yang berdiri pada Dzat-Nya sendiri) yang Mahakuasa, Khalik Langit dan bumi, segala sesuatu yang kelihatan dan yang tidak kelihatan. Dan kepada satu-satunya Tuhan (Rabb), yaitu "Isa Al-Masih, Putra Allah Yang Tunggal (Akal Allah atau firman yang kekal), yang dilahirkan dari Bapa (Al-Wujud) sebelum segala abad, Terang yang keluar dari sumber Terang, (firman) Allah yang keluar dari (Wujud) Allah, dilahirkan dan bukan diciptakan, yang satu dengan Allah dalam Dzat-Nya yang Esa, yang mellalui-Nya segala sesuatu diciptakan. Untuk kita manusia dan demi keselamatan kita, telah nuzul dari surga, dan dari perawan Maryam yang Suci, Walidatul illah dan telah menjadi Manusia.....dst.....(mohon kiranya gereja-gereja yang selama ini belum menggunakan Pengakuan Iman atau syahadat agar memperbaharui iman kita dengan pengucapan ini, untuk gereja-geraja protestan maupun katolik yang telah memakai pengakuan Iman/syahadat.....semoga senantiasa bisa memperbaharui iman dan mengingatkan kita akan ajaran yang Tauhid

Bongman said...
This comment has been removed by the author.
Bongman said...

Untuk pak Frans D. saran saya, sebagai seorang yg berpendidikan jgnlah menanggapi pernyataan seseorang secara emosional. tahan diri dan sabar dulu, mungkin persoalannya akan menjadi lebih jelas!

kalau mau membela/menjawab pernyataan orang, tujukanlah untuk menjawab pernyataan orang saja,. janganlah menyerang pribadi orang apalagi dengan gegabah menstempeli dengan kata saksi dusta!!! harap hati-hati dalam berbicara, karena semua kata-kata kita akan di tuntut pertanggungan jawab pada hari penghakiman! terima kasih!

F I R D A U S said...

APAKAH ANDA MEMILIKI ALLAH ?

Sampai saat ini dan mungkin sampai batas waktu yang tdk bisa di tentukan, manusia selalu akan berada dalam zona "keliru" terkait identitas Sang "Allah". Siapa itu Allah dan milik siapa itu Allah. Hal ini bisa terjadi dan dimungkinkan karena persepsi yg terlalu kental misi pribadi/pengetahuan pribadi dan mengenyapingkan otoritas "hikmat" utk dapat mengambil peran berbicara.

Jelas,gamblang dan tuntas bahwa Allah yg dimaksud (merasa dimiliki) dalam Alkitab itu bukanlah Allah miliki setiap orang. Karena Allah yg dimaksyd dalam Alkitab itu adalah ALLAHNYA ABRAM, ALLAHNYA YAKUB, ALLAHNYA ISAK. JAdi apaun bentuk pertikaian pendapat yang sekarang ini sudah terlanjur membara di antara pencari kebenaran sudah seharusnya memikirkan hal ini. Adapun Allah yang anda klaim sebagai Allah anda (sekelompok orang/sekte tertentu bukanlah Allah yang anda temukan/beli dari pertikaian sempit). Allahnya Abraham, Allahnya Isak dan Allahnya Yakub itulah yg sekarang "dianggap/di klaim/diwarisi oleh para penganut 3 agama besar dan penting di dunia saat ini). Jadi ABRAM adalah PENEMU ALLAH yg pertama kali di dunia,berikut diwariskan pada Isak dan Yakub (Israel). Jadi perdebatan apapun yang mempertanyakan eksistensi Allah ,maka semuanya harus beralaskan histori yang jelas dan dapat dipertanggung jawabkan.

Bagaimana generasi sesudah Abrahan,Isak dan Yakub (Manusia sekarang/era moderen/era agama-agama ) " KEHILANGAN JEJAK " mengidentifikasi , dan lebih jauh mendeskripsikan Allah yang dimaksud dengan tepat seharusnya mendapat porsi yg lebih besar.

SALAH SATU BUKTI-FAKTA EMPIRIK BAHWA YESUS ADALAH ALLAH
ITU SENDIRI.

Kalau kita tanyakan pada para penganut/orang beragama (khususnya 2 agama besar saat ini), "Apakah Yesus betul/benar/terbukti TELAH MEMBANGKITKAN ORANG MATI ???. Maka dengan lantang,yakin dan percaya menjawab "BENAR...!!!".

Padahalnya fakta sesuai PERNTATAAN/PRNGAKUAN/ KESAKSIAN YESUS sendiri ,Ia " T I D A K " membangkitkan orang mati. Yesus HANYA "MEMBANGUNKAN ORANG T I D U R. Kalau demikian siapakah yang melebih-lebihkan/merubah/menyimpangkan fakta itu??. Mungkin anda adalah salah satu dari sekian banyak orang yang selama ini telah bersaksi dusta?. Siapa yang benar dalam hal ini?. Apakah keilahian Yesus menjadi tergerus/melorot karena hal ini?. Jawaban yg tuntas dari peristiwa spiritual ini adalah :

1. Manusia BENAR. Karena menurut manusia orang/anak itu telah MATI.

2. Yesus BENAR. Karena DIA JELAS BUKANLAH MANUSIA (bukan juga sekedar Nabi) karena KEMATIAN yg disaksikan manusia bagi YESUS hanyalah TIDUR belaka. Dan sebagai bukti Keilahiannya Yesus MEMBANGUNKAN/MEMBANGKITKAN anak itu.

Sangat mungkin sebagian orang saat itu mengatakan bahwa orang ini (Yesus) tdk waras (persepsi manusia)?. Manusia yang berani MENANTANG ARUS HUMANISME.
Aku di dalam Dia dan Dia di dalam Aku, barang siapa melihat Aku maka sama ia melihat Bapa (Ia) yg di Surga.


SIAPAKAH YANG MAMPU MEMISAHKAN CAHAYA (TERANG) dari APINYA ???


Oleh: MAX UMBU

Untuk direnungkan

Magur said...

Brother Frans Donald
saya adalah awam namun saya bingung

apakah yang dimaksud dengan perkataan di ayat ini?
Wahyu 1:8
Wahyu 1:18

Keluaran 18:1-6
siapakah 3 orang yang dilihat abraham?
bknkah yang menampakkan diri pada abraham adalah YHWH?

dan kenapa di ayat kedua Abraham sujud sampai ke tanah thdp "Tuan-tuan" itu?

Magur said...

Bolehkah bertanya saya adalah awam
namun saya bingung

apa maksud dari perkataan Yesus
di
Wahyu 1:8
Wahyu 1:18

dan siapakah ketiga orang dalam
Keluaran 18:1-6
bukankah tertulis YHWH yang menampakkan diri?
kenapa yang muncul 3 orang?
dan abraham sujud sampai ke tanah?
Ayat 2 - 3..

Mohon penjelasannya
Terima kasih
GBU

John Agus Pujianto said...

yang punya agama pada ribut mempertahankan keimanannya , ga kaya orang Atheis yg di cap ngga punya agama tapi mereka telah banyak berbuat damai di dunia ini

Unknown said...

yesus gila...

sindra91 said...

Untuk teman2ku, pelajarilah Islam maka anda Akan menemukan jawabannya, pelajarilah dengan sungguh dengan menemui ahlinya, jangan Dari internet,, Insya Allah diberikan petunjuk....

J u a n d a said...
This comment has been removed by the author.
J u a n d a said...

Untuk Pak Frans Donald CS, sebaiknya Anda membuat Agama Unitarian saja. Tidak perlu mendompleng ke Kristen yang ada. Yang penting: Apakah Anda sudah tahu cara untuk menuju ke Surga? Menurut Alkitab secara gamblang, itu melalui Tuhan Yesus Kristus. Lalu kalau Anda tidak yakin bahwa Tuhan Yesus itu Allah, mengapa Dia bisa membawa orang ke Surga? Allah itu Maha Kuasa. Mengapa mesti dibatasi oleh otak kita yang terbatas ini? Kalau memang Allah berinisiatif menjadi manusia, kenapa mesti tidak terima? Memang munculnya antikristus menurut Alkitab: dari antara orang yang mengaku murid Kristus sebelumnya.Lalu berkhianat.Jadi kalau Anda yakin Unitarian, maka tidak perlu merusak keyakinan Trinitarian.Tx-Gbu

Unknown said...

anda belum paham dan tidak paham..
tulisan anda hanyalah luapan emosi tidak mengaju pada argumen yang saudara sangkal dan ini membuktikan bahwa argumen pak bambang adalah kebenaran dan tidak bisa dibantah.

Unknown said...

artikel sakit hati

Unknown said...

artikel sakit hati hahahahah

Unknown said...

artikel sakit hati

Unknown said...

Pandangan unitarian menurut saya sebuah pandangan/kepercayaan abu-abu, kayak saksi yehova, yahudi dan islam. Kalo yesus hanya seorang nabi aja mending jadi islam aja pak, katanya agama yg paling up to date,hehehe... Membatasi cara kerja Allah utk mengasihi umat manusia dan pemahaman kekuasaan Allah yang sempit.

Unknown said...

nih sekte sesat = sekte sesat di anggola yang di beredel oleh pemerintah setempat.

Unknown said...

nih sekte sesat = sekte sesat di anggola yang di beredel oleh pemerintah setempat.

Unknown said...

utk Frans donald ... apa yg dikatakan bpk bambang ada benarnya dan andalah penipunya karena apa ??? karena anda mencoba menyamakan atau mau mencoba membaurkan antara islam dan kristen

Unknown said...

To frans..
Dengan Cara Apa dan Kapan LOGOS Allah atau Pikiran Allah atau Perasaan Allah. Atau Kehendak Allah DICIPTA ?
Logos..logic Firman..
L

king alex said...

Perbedaan yg sangat fundamental antara islam dan kristen adalah tentang keilahian yesus. Islam menganggap yesus hanya sebagai nabi atau rasul kristen meyakini yesus adalah Tuhan jd itu ibarat air dan minyak yg tidak mungkin bs bersatu. Mr frans silakan tentukan pilihan yg mana jgn mengaku kristen tp tidak mengakui Yesus sbg Tuhan.

Unknown said...

pemikir bebas ngember

andri said...

wah,ternyata isinya bukan sanggahan yang bermutu,sama sekali tidak ada substansinya,hanya luapan emosi,maki2 doang...
tanya kenapa ?????

Unknown said...

Yth.Bpk. Frans Donald saya sebagai penganut Roma Khatolik tergelitik dg statement anda bahwa ada seorang Pastur Khatolik Romo Tom yang menyangkal Trinitas, menurut saya ini sangat tidak mungkin seorang Pastor sbg gemala umat berbeda dng iman Kha tolik yg paling mendasar yakni iman kpd Allah Tritunggal. Anda harus tahu bhw sumpah sbg pastor ada 3 yaitu: 1).Taat artinya taat kpd iman khato lik tentu landasannya trinitas, taat kpd hierarki gereja khatolik di bawah penggembalaan Paus di Vatikan ; 2).Selibat artinya menjaga kemurni an/kesucian yaitu tdk berhubungan sex bkn hny tdk menikah dll; 3).Kemiskinan artinya tidak memiliki harta apapun.
Jika bertentangan dg dogma iman dasar Khatolik mengenai Trinitas so pasti akan diberhentikan menjadi seorang Pastor/Gembala. Sebagai contoh Raja Inggris Henry viii melanggar dogma khatolik ttg moral yakni meminta ijin kepada Paus untuk menceraikan istri pertamanya dan menikahi wanita lain saja tidak diberi ijin shg sang raja akhirnya memisahkan diri dari gereja Gereja Khatolik dan mendirikan gereja Anglikan mengangkat dirinya sbg kepa la gereja anglikan.
Sy bisa memaklumi krn anda tdk tahu mengenai organisasi gereja khatolik yang dogma ajaran iman dan moralnya adalah harga mati, karena gereja khatolik meyakini yang diajarkan Tu han Yesus dalam Injil tdk bisa diru bah oleh gereja khatolik, gereja hny menjaga apa yang sdh diajarkan Tuhan dan Roh Kudus.
Menurut hemat sy ajaran iman Allah Tritunggal sdh definitif dan berasal dr inti Injil meskipun tdk ada isti lah Trinitas didalamnya tetapi bnyk ayat atas klaim Yesus sbg Allah (Fir man Allah sendiri yang adalah Allah yang sejati), maka dari itu jika anda dan kwn2 yg menolak Trinitas n menga nut Unitarian jng mengaku sbg Kris ten, sebaiknya membuat agama sendiri semacam saksi yehova atau ahmadiyah, krn iman anda identik dg iman Arius.
Mengenai bpk Bambang Noorsena sy ke nal beliau sejak sekitar th 1988 dan beliau lah yg menguatkan iman sy me ngenai Trinitas yg hmpr guncang.
Ajaran iman Trinitas adalah bimbingan Roh Kudus sendiri bukankah Tuhan Ye sus sendiri telah berfirman akan mengutus Roh Kudus untuk membimbing gereja pada kebenaran sampai kahir jaman ?? Memang hrs diakui iman Trini tas diluar akal tetapi bkn tdk masuk akal karena akal kita adalah ciptaan yg tdk akan mungkin dg akal kita kita bisa mengetahui pasti ttg Allah krn Dia adalah Sang Pencipta, kalau ada manusia yang mengklaim bhw bisa mende finisikan Sang Pencipta itu adalah kesombongan bg sy Allah Pencipta te tap misteri dan dg rendah rendah hati sy beriman ttg Allah Tritunggal bkn triteime, biarlah pd saatnya rahasia ini akan diungkapkan dg jelas spt dari muka ke muka, kapankah saat itu mnrt saya ketika kita mati atau saat akhir jaman/kiamat.
Pd akhirnya sy menghimbau anda cs jng mengklaim sbg Kristen ala Unitarian kalo Kristen ya mengimani Trinitas tdk lain tdk bkn. Salam hormat dr sy Martinus nuroso seorang awam.

Unknown said...

Yth.Bpk. Frans Donald, sedikit saya tambahkan Tuhan Yesus Kristus itu unik dalam Dia sebagai pribadi mempunyai 2 kodrat yakni kodrat sungguh-sungguh sebagai Firman Allah yang sejati yang adalah Allah sejati (100 % Allah) dan kodrat sebagai manusia sejati (100 % manusia), dalam pribadi Dia antara kodrat sbg Firman Allah yang adalah Allah sejati dengan kodrat sbg manusia tidak bercampur dan juga tdk terpisah.
Justru Firman Allah yang menjelma sbg manusia hadir sbg manusia adalah demi keselamatan kita krn hny Allah yg bisa sbg Penebus dosa manusia tdk ada seorangpun manusia biasa yang dpt menebus dosa kecuali Allah sendiri krn dosa adalah memberontak melawan Kehendak Allah shg hny Allah sendiri yg dpt menyelamatkan manusia dr belenggu dosa betapa luar biasanya Kasih Allah thd ciptaan Nya yang bernama manusia. Bandingkan ketika malaikat jatuh dlm dosa pembrontakan melawan Allah tdk pernah Allah menye lamatkan malaikat. Dia biarkan malaikatnya jatuh dalam dosa dan menerima Keadilan Nya diusir dari Sorga dan nantinya dihukum dalam Neraka.
Allah Tritunggal jngn diartikan seperti Dwitunggal Soekarno-Hatta yakni 2 orang yang berbeda bergabung jadi satu.
Allah adalah satu-satunya Tuhan mari kita bayangkan sebelum ada ciptaan tdk ada sesuatu/seseorang atau apapun selain hny Allah yang Tunggal yang Maha Esa, namun d alam diri Allah yang Tunggal tersebut ada Firman Nya dan ada Roh Nya (Kehidupan Nya),krn dosa pemberontakan manusia dan krn Kasih Nya kpd manusia maka Allah yg Tunggal tsb. mengutus Firman Nya dg istilah theologi melahirkan Firman Nya dg kiasan sbg Putera Allah untuk menjadi daging (manusia) tdk lain tdk bkn untuk menebus dosa manusia.Selain mengutus Firman Nya Allah yang tunggal juga mengutus Roh Nya agar Firman Nya bisa menjadi manusia melalui perawan Maria gadis desa/lugu Yahudi.
Setelah Tuhan Yesus berkarya di dunia melalui kematian disalib dan bangkit kemudian naik ke sorga, Allah yang Tunggal mengutus Roh Kudus Nya untuk membimbing/menjaga gereja Nya sampai akhir jaman.
Formula gereja ttg Allah Tritunggal adalah Satu hakekat Allah yang Tunggal dalam 3 pribadi yakni Bapa dan Putra (Firman yg menjadi manusia) dan Roh Kudus (Roh Allah).
Allah Bapa adalah sumber dari Firman Allah dan Roh Kudus (Roh Allah) krn Firman Allah lahir (ini hny istilah theologi) dari Allah dan Roh Kudus (Roh Allah) keluar dari sumber yang sama yakni Sang Bapa.
Namun Allah Tritunggal yakni Allah Bapa bkn Firman Allah (dikiaskan sbg Putera Allah) dan bkn pula Roh Kudus (Roh Allah), demikian pula Putera Allah bkn Bapa dan bkn Roh Kudus serta Roh Kudus bkn Bapa dan bkn Putera tetapi satu dalam ketritunggal an Allah dan satu dlm Kehendak. Harus kita akui dg rendah hati disinilah akal kita sdh tdk bisa lagi mencerna krn sdh diluar akal tetapi bkn tdk masuk akal.
Kesimpulan tdk ada yang salah dlm iman akan Allah Tritunggal (trinitas)
ini tdk bermaksud menyangkal iman ttg Allah Yang Maha Esa (tauhid) krn iman ttg Allah YME (tauhid) sama sekali tdk salah tetapi iman akan Allah Tritunggal Tuhan Yang Maha Esa juga tdk salah krn tdk ada oknum diluar Allah yang sejati yang ada dalam diri Allah Tritunggal Tuhan Yang Maha Esa ada misteri diluar akal manusia.
Maka marilah kita saling menghormati yakni kalau anda cs masih mengaku beriman Kristen yang tdk bisa dihindari iman ttg. Allah Tritunggal Tuhan Yang Maha Esa ini khas iman Kristen yang benar diseluruh dunia baik Khatolik,Ortodoks,Protestan, menurut sy kosekuensinya ya anda tdk bisa mengaku Kriten dg menyangkal Allah Tritunggal Tuhan Yang Maha Esa, krn era Arius sdh lewat 1600 tahun yang lalu sebagai ajaran bidat bkn ajaran Kristen.
Bersama ini sy sampaikan salam sejahtera smg Allah Tritunggal Tuhan Yang Maha Esa memberkati kita semua amin.

Unknown said...

Kaum unitarian apakah identik dgn saksi Yshova...?, sdr frans donald dan rekan2nya kembalilah ke jalan yg benar dan jgn menyesatkan iman kristiani.....

Unknown said...

Yesus bersabda bahwa pada akbir zaman akan muncul nabi2 palsu, guru guru palsu, oleh karena itu umat kristiani hrs waspada dan mengenali mereka...

Unknown said...

Kita doakan sdr frans donald dan kaumnya sgr insaf dan bertobat, kita berharap sdr frans ini tdk menjadi alat iblis utk menyesatkan kaum kristiani.....semoga

Agroo said...

Amin.. Tuhan mmberkati

sang ustadz said...

assalamualaikaum, wryh.wb.
semua harus selidiki diri sendiri, sudahkah kita layak dihadapan YAH Tuhan?
mari kita bertobat, berhenti saling menghujat. mari bersama-sama saling menasihati, menolong, menguatkan dan mendoakan. wassalamualaikum. Ybu

fourseven said...

Saya baru tahu ada aliran unitarian tapi yg jelas saya tdk mengerti mengapa aliran ini memusuhi B Noorsena, krn B Noorsena tdk pernah menolak tauhid . B Noorsena tdk mengatakan Allah ada 3, kalau anda merujuk masalah trinitas dia bisa menjelaskan kristen percaya pada satu Allah dlm 3 pengertian yg disebutkan alkitab tapi bukan dlm arti tuduhan seperti yg islam pikirkan. Yesus adalah Allah sejati, tapi Dia juga manusia sejati. Kalau Yesus bukan Tuhan maka anda semua tdk akan selamat jiwamu. Sikap anda yg bermusuhan menampakkan anda sbg yg merasa anda benar dan itu kesombongan yg dibenci Allah

Denny SBY said...

Syalom.....
Apa ini Blog Pak Frans Donald? kok tidak bertanggung jawab telah mempost Blog, setelah ditanggapi tidak dijawab? Apa tidak mampu menjawab? Dimana Pak Frans Ya? Tapi Maha Besar Yesus Kristus, Ketika ada manusia yang mampu menyingkap Ke-Allahan-Nya, disitulah letak ketidak-Allah-an Nya, dan sampai saat ini tidak satupun Manusia Hidup yg mampu membeberkan Rahasia ini, sungguh ampunilah Pak Frans Donald CS ya Allah, sebab mereka tidak tahu apa yang mereka perbuat, namun bukan kehendakku yang jadi, melainkan kehendak-Mu saja yang jadi....Amin...Amin...Amin

Denny SBy

Unknown said...

Saya berada di dunia ini oleh kehendakNya, melalui rahim seorang ibu yg mengaku muslim, otomatis saya muslim, ketika saya kecil saya mendalami ajaran nabi dan rasul Nya, sampai pada titik kejenuhan, saya membaca ALQURAN, ALkitab Injil, belajar yoga, ajaran hindu, budha, ajaran tao, dst. Semuanya mengajarkan tentang budi pekerti, akhlak (arab). Tuhan Allah, Allah SWT, Roh Kudus, Sang Hyang Widi, dst. Apapun nama yg kita berikan padaNya, tak masalah. Carilah ..... Carilah ..... barangsiapa mencariNya PAsti akan menemukanNya, setelah "bertemu" denganNya.... ada yg menangis, ada yg merasa bersalah, ada pula diam tak berbahasa, bahkan ada yg senyum senyum

Unknown said...

....Saya hanya mengatakan waktu itu ..ooooooohhhh....gitu ya...., setelah "berjumpa" denganNya rasanya tak ada lagi ...satu,dua,tiga,dst
Tak ada lagi perdebatan yg tak ada ujungnya
Tak ada lagi aku paling bertakwa, aku paling benar,
Aku yg masuk sorga kamu masuk neraka....dst
Pokoknya bagi saya damaaaaaaaiiiii..
Ademmmmmm...
Penuh. Penuh.... dengan cinta
Penuh....Penuh.. dengan Kasih
Ayo...Ayo... saudaraku....
Mulai mencariNya.....
Dia sangat....sangat ..... dekat.... Tak jauh....
Damailah saudaraku....
Bisa ada dalam gereja,
Bisa juga ada dalam mesjid, atau dalam wihara st
Tapi.... mampukah kita "bertemu" dan menyatu dengan Nya.
??????????
Salam Sejahtera

tetapsemangat said...

GBI Mawar Saron Jakarta di bawah Pengembalaan PDT Yakob Nahuway, sudah menerapkan untuk setiap awal peribadatan membaca Kesaksian Iman Rasuli.

Unknown said...

Ajaran Tuhan Yesus sebetulnya sederhana dan sangat baik bila di terima dengan rasa cukup. Banyak orang mempertimbangkan akan keTuhanan Yesus Kristus , mencari ayat2 pendukung padahal orang2 tersebut menjadi lupa akan esential yang sebenarnya dalam kekristenan yaitu Ajaran perwujudan kasih Allah akan seisi dunia ini terkhusus manusia sehingga Tuhan ALLAH mau datang kedalam dunia ini menjelma menjadi manusia yang Kudus dengan misi penyelamatan manusia dari hukum dosa yang mematikan. Satu hal yang banyak dilakukan oleh semua orang yang mengaku bahwa Tuhan MAHA KUASA ialah kehendakNYA yang tidak dapat di halangi oleh siapa pun juga di seluruh jagat raya ini. Bila Tuhan ALLAH ingin berjumpa dengan manusia ciptaan yang dikasihiNYA kan mungkin saja DIA menjadikan dirinya sebagai manusia seperti kita ini, toh manusia juga diciptakan segambar dengan rupa TUHAN. Jadi bila ada agama lain selain Kristen yang tidak percaya bahwa Yesus adalah Tuhan ya ajaran agama tersebut sudah harus dipertanyakan ajarannya . Bilang Tuhan Maha Kuasa namun sesungguhnya kuasa Tuhan dijengkali dengan pikirannya yang hanya terbatas. Mengenai Trinitas kenapa Juga dipermasalahkan , secara ilmu biologi saja semua orang2 cerdas dijagat raya ini mengakui bahwa manusia terdiri dari 3 unsur yang tidak dapat dipisahkan, dan bila dipisahkan maka fungsi manusia atau keberadaannya pasti akan berbeda dengan "standar" nya. Manusia yang utuh pasti memiliki Tubuh, Jiwa, dan Roh, apakah ini bisa dipisahkan ? kan tidak demikian juga Trinitas ALLAH Bapa, Putra, Roh , jabatannya memiliki moment2 khusus didalam penyebutannya Bapa ketika manusia mengetahui bahwa pencipta, dan pemilik , dan yang mengatur segala yang ada di seluruh jagat raya ini . Putra ketika Tuhan mengunjungi umat manusia yang dikasihinya namun terlahir bukan dari hawa nafsu melainkan karya Roh Kudus (BAPA) sebagai seorang yang memiliki orang tua manusia Yusuf dan Maria, karena itu dinamakan anak manusia Putra ALLAH karena gelar yang ALLAH sendiri ciptakan bagi diriNYA, dan ROH Kudus ketika Yesus terangkat ke surga dan memberikan ROH Kudus untuk memelihara orang2 percaya yang dikasihinya. Apakah Yesus telah kehilangan Roh ketika dia memberikan Roh Kudus bagi orang2 yang percaya? ya TIdak . Sekali lagi bahwa Tuhan itu MAHA KUASA dia dapat melakukan apa yang dianggapnya baik dan sesuai dengan rencanaNYA.JIkalau manusia yang beragama dan yang tidak beragama saja percaya setan memiliki kuasa yang mematikan dan dapat berubah rupa apalagi TUHAN ALLAH sang pencipta yang punya tiga gelar BAPA, PUTRA , ROH KUDUS. Kesimpulannya IMAN kita kepada TUHAN YESUS melampaui segala akal pikiran yang tercerdas sekali pun didunia ini . sederhana toh ! Terpujilah nama TUhan ALLAH (BAPA,PUTRA,ROH KUDUS)

ismail ishaq said...

Akhi donal bebek, masyallah....kami umat islam aja masih mencari2 dan penasaran ttg Keilahian Isa Almasih, anda malah mendustakan.kami sudah gen ke7 study dgn par noor.data terakhir komunitas kami diindonesia ada 1000 komunitas islam yg menerima Yesus-Isa tanda dan Rahmat bagi alam semesta.kasian lu Donald duck jadi terbelakang.makenye belajar itu keritus yg murni jgn onani pikiran.kwkw'!

alianse said...

Hati hati... Frans Donal is a BIG DECEIVER = Penipu Besar/Ulung
Memfitnah orang tetapi didalam dialah Gudang Fitnah....
Hati hati...sudah terbukti kasiat tipuannya...

Unknown said...

Mana batu kilangan buat leher si Frans ini????

Unknown said...

Kalau lewat email,facebook dan semacamnya tentu tidak ada hasilnya.Bok ya dibuat forum /pertemuan diskusi dan sharing.

BALI BUNGEE said...

Yg beda keyakinan, mbok yo jangan koment

Voiceoftrully said...

Frans Donald, anda memang salah seorang penganut ajaran bidat ( ajaran sesat ) seperti halnya saksi Yehova. Berkali kali anda kalah debat melawan Pdt Budi Asali, dan anda telah ditelanjangi habis-habisan.
Apakah uang menjadi motivasi di balik sepak terjang anda selama ini?

Semoga Tuhan mengampunimu....atau You must be beheaded because insult Christian!

Voiceoftrully said...

Frans Donald adalah Nabi Palsu dan Anti Kristus.............
Hati-hati dengan tipu dayanya.....

Unknown said...

Banyak belajar dulu si frans ini kalau mau buat agama baru

Unknown said...

Pada Saudara Frans Donald Coba Anda Baca Lagi dan Pahami Betul2 Dengan Baik Isi Dari Alkitab, Minta tuntunan Roh Kudus sebelum membaca, sebenarnya Semua Jawaban sudah ada di Dalam Alkitab dan Jelas

Aditya Taliank said...

sama-sama sesat ngk usah beratam

vicky said...

Tentu saja Frans Donal tidak bisa menerima Trinitas. Lha dia itu kan Saksi Yehova. Susah mau disuruh baca Alkitab nya Kristen, wong saksi yehova punya alkitab sendiri kok. Dia pernah debat sama sy via sms. Begitu sy paparkan ajaran-ajaran saksi yehova, sms2 sy pun tak dibalasnya sampai saat ini. Semoga Roh Kudus membimbing Frans Donald untuk mencari kebenaran yang sejati dengan Tidak Mengeraskan Hatinya.

APOLLONIUS said...
This comment has been removed by the author.
APOLLONIUS said...

Sebenarnya siapa yang pembohong?
Banyak yang tahu siapa sesungguhnya yang pembohong besar....
Kalo Bambang Noorsena melakukan perbuatan pencemaran nama baik, atau perbuatan perbuatan lain yang bisa dikenakan sanksi pidana, kenapa tidak dituntut saja? Jadi image yang saya artikan adalah tindakan Bambang Noorsena, adalah benar. Karena jika beliau melakukan hal hal yang bisa dipidanakan tentu beliau sudah dituntut. Jangan jangan seperti ada dalam peribahasa "maling teriak maling"
Buat semua saudara dan saudariku yang seiman dalam Yesus, saya memberitahukan bahwa setiap ajaran yang mengaku "kristen" tetapi tidak percaya bahwa Yesus adalah TUHAN, itu adalah "kristen sesat" Setiap ajaran kristen yang tidak berpedoman pada Alkitab, itu adalah sesat. KRISTEN atau KATOLIK yang benar adalah yang percaya dan mengimani bahwa Yesus adalah TUHAN, dan mengakui ketrinitasan.

Unknown said...

Satu kata kunci"Bertobatlah yang berbohong"

Joe Kukar said...

Ngaku Kristen Tapi Gak Percaya Yesus Sebagai Tuhan itu namanya saksi YEHOVA ! Ajaran sesat !

Lihat aja promonya : *Note: Bagi yang berminat copyan CD Seminar Romo Tom Jacobs, yang berisi statemen terang-terangan beliau menolak rumusan Trinitas dan tidak percaya Yesus Allah, silakan hubungi saya.

FRANS DONALD 'Pemikir Bebas = Mikirnya sak karepe dewe gak ada patokannya.

Tapi benar kata alkitab akhir zaman akan banyak penyesat - penyesat, yang akan menguji iman umat kritiani di sinilah kemurnian iman kita akan teruji di hadapan Allah, Siapa yang layak masuk surga dan siapa yang tidak layak masuk surga.

Bertobatlah Sebelum Terlambat !

Unknown said...

setiap dari kita (Protestan,Khatolik,Karismatik,Unitarian,Trinitarian, dll) mengaku lebih KRISTEN di banding yang lain. Akan tetapi apa sebenarnya makna dari kata KRISTEN itu sendiri?
Pikirkan dan jawab dalam hati masing-masing. Tuhan Memberkati

Leonard Pardede said...

pak Frans kalau memang ada pencemaran anama baik oleh pak Bambang, kenapa anda gak menuntut beliau..... kenapa kamu menghasut orang utk membeni pak Bambang, saya mendengar pak Bambang menjelaskan dan meluruskan iman Kristiani ...... saya senang mendengar dan belum mendapatkan kata kata Fitnah dari beliau...

Beliau bicara berdasarkan fakta sejarah yang otentik

Be smart ... Bertobatlah dan kembali pada Bapa

Tuhan Yesus maha pengasih dan penyayang

Unknown said...

bacod frans

internet gratis tanpa batas said...

Pada ngaur semua, alkitab berbahasa asli yesus sudah tidak pernah ada Smua hanya terjemahan dari yunani, dan ada kemungkinan ada terjemahan yang keluar dari kaedah, buka nalar kalian, apakah ajaran tentang tuhan manusi itu tidak sama dengan ajaran hindu? Orang hindu pasti hanya tersenyum , karena ajaran kristen dan hindu sangat sama2 hanya nama2 tokoh saja yg berbeda,
Kalau mau kembali ke alkitab, seharusnya lebih objective memakai alkitab dari versi lain, karena sya yakin alkitan tidaj hanya ada 4, manusia yg berakal tidak akan mudah percaya ke pada 4 alkitab tsb, karena manusia sejatinya pasti pernah ada kesalahan apa lagi jauh sesudah yesus naik kelangit alkitab baru di pilah, salahkan mereka yg jaman dulu kenapa alkitab mesti di bakar, ingat jangan berpikir kalian bisa membuka nalar kalian kalau dalam hati kalian masih tetap ngekeh bahwa alkitab sebagai firman, padahal alkitab hanya catatan yg dari a ke z dan tak jelas siapa penulisnya, itu kata pakar kristen

RV_2020 said...

pak Franz.... bapak ini menulis blog ini tujuan nya untuk apa sebenarnya???
untuk mengkritik pak Bambang noorsena???
untuk meyakini publik Bahwa B.Noorsena tukang fitnah???
ingin meluaskan iman unitarian Anda???

atau.... ingin jualan CD/VCD??? qo diakhir tulisan Anda malah promosi jualan CD...???

kalau ingin jualan yang jujur pak... biar Tuhan Yesus berkati,usaha nya jualan CD nya jd Laris.

RV_2020 said...

Ada pak... Nama nya "death sea scrolls" coba bapak searching di Google "gulungan laut mati". Itu isi Alkitab berusia 2000 tahun sebelum Masehi. Alkitab Yunani itu salinan dari gulungan laut mati...dan juga isi dari alkitab sampai saat ini.

Selamat membaca :)

Unknown said...

Ojo Kagetan, Ojo Gumunan, Ojo Goblok! #Bambang Noorsena

njlajahweb said...

SEKILAS INFO Yesus Kristus menebus dari dosa kutuk hukum taurat (Gal 3:13), bagi semua manusia didunia (I Yoh 2:2), baik terhadap Kristen juga terhadap non Kristen (walaupun non Kristen tidak berpindah agama ke agama Kristen)

>>> Namun Yesus Kristus tidak menebus dosa perbuatan manusia dalam seumur hidup mereka baik terhadap Kristen maupun non Kristen.

>>> Mat 13:40 Maka seperti lalang itu dikumpulkan dan dibakar dalam api, demikian juga pada akhir zaman. 13:41 Anak Manusia akan menyuruh malaikat-malaikat-Nya dan mereka akan mengumpulkan segala sesuatu yang menyesatkan dan semua orang yang melakukan kejahatan dari dalam Kerajaan-Nya. 13:42 Semuanya akan dicampakkan ke dalam dapur api; di sanalah akan terdapat ratapan dan kertakan gigi.

NB 1: Penebusan Yesus Kristus telah disediakan bagi seluruh manusia didunia bagi Kristen dan non Kristen, tapi belum diberikan.

>>> Namun hanya diberikan,

ketika mereka ( Kristen & non Kristen ),
bisa mempertanggungjawabkan perbuatan mereka, pada Hari Penghakiman nanti, yaitu ketika timbangan kebaikan mereka ( dalam total seumur hidup mereka ) lebih berat timbanganya dari pada timbangan total dosa / keburukan mereka dalam seumur hidup mereka, dihadapan Tuhan.

>>> Maka pada saat itulah Yesus Kristus menghapus total timbangan dosa / keburukan mereka yang lebih ringan timbanganya, sehingga mereka bisa langsung masuk surga, tanpa harus mencicipi siksa neraka dulu. Pada saat inilah Kuasa Penebusan Yesus Kristus difungsikan, jika hati non Kristen percaya bahwa Yesus Kristus mampu menebus /menghapus kutuk hukum taurat.

>>> Matius 1:18 Kelahiran Yesus Kristus adalah seperti berikut: Pada waktu Maria, ibu-Nya, bertunangan dengan Yusuf, ternyata ia mengandung dari Roh Kudus, sebelum mereka hidup sebagai suami isteri.

>>> Wahyu 2:18-23 "Dan tuliskanlah kepada malaikat jemaat di Tiatira: Inilah firman Anak Allah, yang mata-Nya bagaikan nyala api dan kaki-Nya bagaikan tembaga:Aku tahu segala pekerjaanmu: baik kasihmu maupun imanmu, baik pelayananmu maupun ketekunanmu. Aku tahu, bahwa pekerjaanmu yang terakhir lebih banyak dari pada yang pertama.Tetapi Aku mencela engkau, karena engkau membiarkan wanita Izebel, yang menyebut dirinya nabiah, mengajar dan menyesatkan hamba-hamba-Ku supaya berbuat zinah dan makan persembahan-persembahan berhala.Dan Aku telah memberikan dia waktu untuk bertobat, tetapi ia tidak mau bertobat dari zinahnya.Lihatlah, Aku akan melemparkan dia ke atas ranjang orang sakit dan mereka yang berbuat zinah dengan dia akan Kulemparkan ke dalam kesukaran besar, jika mereka tidak bertobat dari perbuatan-perbuatan perempuan itu. Dan anak-anaknya akan Kumatikan dan semua jemaat akan mengetahui, bahwa Akulah yang menguji batin dan hati orang, dan bahwa Aku akan membalaskan kepada kamu setiap orang menurut perbuatannya.

njlajahweb said...

SEKILAS INFO Renungan bagi semua umat silahkan kunjungi link dibawah ini dan klik pada komentarnya >>>

https://njlajahweb.blogspot.co.id/2015/02/pertama-tama-saya-mohon-maaf-yang.html#comment-form

Kuasa Tuhan Yesus bisa memakai lagu rohani Kristen bisa mengisi kekosongan hati anda
>>> http://www.laskarislam.com/t10322-lagu-rohani-kristen-bisa-mengisi-kekosongan-hati?highlight=kekosongan

ajal itu tak pandang bulu, apakah orang kesayangan atau tidak, apakah dalam kandungan atau tidak, apakah masih kecil atau besar, apakah masih muda atau tua, apakah masih sehat atau tidak, ajal bisa menjemput kapan saja, bisa hari ini, hari esok, bisa tanpa diduga,tanpa permisi

>>> Sekilas info *kutipan dari >>> http://www.laskarislam.com/t10479-sekilas-infoku#200358

(Sekilas Info 120)
iman yang suci adalah ketika hati kita tetap percaya bahwa Tuhan tidak pernah sedetikpun berniat jahat, sekalipun Dia sedang menghantam kita, saat kita sedang salah atau benar.

dan

iman yang paling suci adalah ketika hati kita tetap percaya bahwa "tidak mungkin Tuhan berniat jahat, sedetikpun tidak", sekalipun DIA mendatangkan badai hidup yang terburuk dalam hidup kita, walaupun kita dalam posisi yang benar.

(inilah iman rajawali, yang tidak akan pernah bisa dihancurkan oleh iblis.)

hanya iman jenis ini, yang paling ditakuti oleh iblis.

njlajahweb said...

SEKILAS INFO Saat kapanpun Keilahian Yesus Kristus juga Roh Kudus bisa disebut Allah, ( hanya jika berdasarkan Kualitas Keilahian )
>>> Demikian juga saat kapanpun Yesus juga Roh Kudus bisa disebut Utusan, ( hanya jika berdasarkan “selain” dalam hal Kualitas Keilahian. )
>>> 14:13 dan apa juga yang kamu minta dalam nama-Ku, Aku akan melakukannya, supaya Bapa dipermuliakan di dalam Anak.
14:14 Jika kamu meminta sesuatu kepada-Ku dalam nama-Ku, Aku akan melakukannya."
---
>>> 16:26 Pada hari itu kamu akan berdoa dalam nama-Ku. Dan tidak Aku katakan kepadamu, bahwa Aku meminta bagimu kepada Bapa,
16:27 sebab Bapa sendiri mengasihi kamu, karena kamu telah mengasihi Aku dan percaya, bahwa Aku datang dari Allah.
>>> (Sebutan Tuhan sebenarnya tidak ditujukan pada Manusia Yesus, tapi pada Kualitas Allah yang terkandung dalam Keilahian Yesus)
>>> 5:3 Tetapi Petrus berkata: "Ananias, mengapa hatimu dikuasai Iblis, sehingga engkau mendustai Roh Kudus dan menahan sebagian dari hasil penjualan tanah itu?
5:4 Selama tanah itu tidak dijual, bukankah itu tetap kepunyaanmu, dan setelah dijual, bukankah hasilnya itu tetap dalam kuasamu? Mengapa engkau merencanakan perbuatan itu dalam hatimu? Engkau bukan mendustai manusia, tetapi mendustai Allah."
---
>>> 13:2 Pada suatu hari ketika mereka beribadah kepada Tuhan dan berpuasa, berkatalah Roh Kudus: "Khususkanlah Barnabas dan Saulus bagi-Ku untuk tugas yang telah Kutentukan bagi mereka."
---
Qs 11:37 Dan buatlah bahtera itu dengan pengawasan dan petunjuk wahyu Kami, dan janganlah kamu bicarakan dengan Aku tentang orang-orang yang zalim itu; sesungguhnya mereka itu akan ditenggelamkan.
Qs 21:29 Dan barangsiapa di antara mereka, mengatakan: "Sesungguhnya Aku adalah tuhan selain daripada Allah," maka orang itu Kami beri balasan dengan Jahannam, demikian Kami memberikan pembalasan kepada orang-orang zalim
Qs 29:8 Dan Kami wajibkan manusia (berbuat) kebaikan kepada dua orang ibu-bapaknya. Dan jika keduanya memaksamu untuk mempersekutukan Aku dengan sesuatu yang tidak ada pengetahuanmu tentang itu, maka janganlah kamu mengikuti keduanya. Hanya kepada-Ku-lah kembalimu, lalu Aku kabarkan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan.
Qs 70:40 Maka Aku bersumpah dengan Tuhan Yang memiliki timur dan barat, sesungguhnya Kami benar-benar Maha Kuasa.
---
3:22 Berfirmanlah TUHAN Allah: "Sesungguhnya manusia itu telah menjadi seperti salah satu dari Kita, tahu tentang yang baik dan yang jahat; maka sekarang jangan sampai ia mengulurkan tangannya dan mengambil pula dari buah pohon kehidupan itu dan memakannya, sehingga ia hidup untuk selama-lamanya."

njlajahweb said...

28:17 Ketika melihat Dia mereka menyembah-Nya, tetapi beberapa orang ragu-ragu.
28:18 Yesus mendekati mereka dan berkata: "Kepada-Ku telah diberikan segala kuasa di sorga dan di bumi.
---
5:13 Dan aku mendengar semua makhluk yang di sorga dan yang di bumi dan yang di bawah bumi dan yang di laut dan semua yang ada di dalamnya, berkata: "Bagi Dia yang duduk di atas takhta dan bagi Anak Domba, adalah puji-pujian dan hormat dan kemuliaan dan kuasa sampai selama-lamanya!"
5:14 Dan keempat makhluk itu berkata: "Amin". Dan tua-tua itu jatuh tersungkur dan menyembah.
***
21:14 Dan tembok kota itu mempunyai dua belas batu dasar dan di atasnya tertulis kedua belas nama kedua belas rasul Anak Domba itu.
---
8:2 Maka datanglah seorang yang sakit kusta kepada-Nya, lalu sujud menyembah Dia dan berkata: "Tuan, jika Tuan mau, Tuan dapat mentahirkan aku."
8:3 Lalu Yesus mengulurkan tangan-Nya, menjamah orang itu dan berkata: "Aku mau, jadilah engkau tahir." Seketika itu juga tahirlah orang itu dari pada kustanya.
---
9:18 Sementara Yesus berbicara demikian kepada mereka, datanglah seorang kepala rumah ibadat, lalu menyembah Dia dan berkata: "Anakku perempuan baru saja meninggal, tetapi datanglah dan letakkanlah tangan-Mu atasnya, maka ia akan hidup."
9:19 Lalu Yesus pun bangunlah dan mengikuti orang itu bersama-sama dengan murid-murid-Nya.
---
28:5 Akan tetapi malaikat itu berkata kepada perempuan-perempuan itu: "Janganlah kamu takut; sebab aku tahu kamu mencari Yesus yang disalibkan itu.
28:6 Ia tidak ada di sini, sebab Ia telah bangkit, sama seperti yang telah dikatakan-Nya. Mari, lihatlah tempat Ia berbaring.
28:7 Dan segeralah pergi dan katakanlah kepada murid-murid-Nya bahwa Ia telah bangkit dari antara orang mati. Ia mendahului kamu ke Galilea; di sana kamu akan melihat Dia. Sesungguhnya aku telah mengatakannya kepadamu."
28:8 Mereka segera pergi dari kubur itu, dengan takut dan dengan sukacita yang besar dan berlari cepat-cepat untuk memberitahukannya kepada murid-murid Yesus.
28:9 Tiba-tiba Yesus berjumpa dengan mereka dan berkata: "Salam bagimu." Mereka mendekati-Nya dan memeluk kaki-Nya serta menyembah-Nya.
28:10 Maka kata Yesus kepada mereka: "Jangan takut. Pergi dan katakanlah kepada saudara-saudara-Ku, supaya mereka pergi ke Galilea, dan di sanalah mereka akan melihat Aku."
---
1:17 Ketika aku melihat Dia, tersungkurlah aku di depan kaki-Nya sama seperti orang yang mati; tetapi Ia meletakkan tangan kanan-Nya di atasku, lalu berkata: "Jangan takut! Aku adalah Yang Awal dan Yang Akhir,
1:18 dan Yang Hidup. Aku telah mati, namun lihatlah, Aku hidup, sampai selama-lamanya dan Aku memegang segala kunci maut dan kerajaan maut.
1:19 Karena itu tuliskanlah apa yang telah kaulihat, baik yang terjadi sekarang maupun yang akan terjadi sesudah ini.
---
1:6 dan yang telah membuat kita menjadi suatu kerajaan, menjadi imam-imam bagi Allah, Bapa-Nya, -- bagi Dialah kemuliaan dan kuasa sampai selama-lamanya. Amin.
1:7 Lihatlah, Ia datang dengan awan-awan dan setiap mata akan melihat Dia, juga mereka yang telah menikam Dia. Dan semua bangsa di bumi akan meratapi Dia. Ya, amin.
1:8 "Aku adalah Alfa dan Omega, firman Tuhan Allah, yang ada dan yang sudah ada dan yang akan datang, Yang Mahakuasa."

njlajahweb said...

Yes 3:18 Kalau Aku berfirman kepada orang jahat: Engkau pasti dihukum mati! -- dan engkau tidak memperingatkan dia atau tidak berkata apa-apa untuk memperingatkan orang jahat itu dari hidupnya yang jahat, supaya ia tetap hidup, orang jahat itu akan mati dalam kesalahannya, tetapi Aku akan menuntut pertanggungan jawab atas nyawanya dari padamu. Mat 12:36 Tetapi Aku berkata kepadamu: Setiap kata sia-sia yang diucapkan orang harus dipertanggungjawabkannya pada hari penghakiman. Ams 24:17 Jangan bersukacita kalau musuhmu jatuh, jangan hatimu beria-ria kalau ia terperosok, 24:18 supaya TUHAN tidak melihatnya dan menganggapnya jahat, lalu memalingkan murkanya dari pada orang itu. Mat 18:10 Ingatlah, jangan menganggap rendah seorang dari anak-anak kecil ini. Karena Aku berkata kepadamu: Ada malaikat mereka di sorga yang selalu memandang wajah Bapa-Ku yang di sorga. Mat 25:41 Dan Ia akan berkata juga kepada mereka yang di sebelah kiri-Nya: Enyahlah dari hadapan-Ku, hai kamu orang-orang terkutuk, enyahlah ke dalam api yang kekal yang telah sedia untuk Iblis dan malaikat-malaikatnya. 25:42 Sebab ketika Aku lapar, kamu tidak memberi Aku makan; ketika Aku haus, kamu tidak memberi Aku minum; 25:43 ketika Aku seorang asing, kamu tidak memberi Aku tumpangan; ketika Aku telanjang, kamu tidak memberi Aku pakaian; ketika Aku sakit dan dalam penjara, kamu tidak melawat Aku. 25:44 Lalu mereka pun akan menjawab Dia, katanya: Tuhan, bilamanakah kami melihat Engkau lapar, atau haus, atau sebagai orang asing, atau telanjang atau sakit, atau dalam penjara dan kami tidak melayani Engkau? 25:45 Maka Ia akan menjawab mereka: Aku berkata kepadamu, sesungguhnya segala sesuatu yang tidak kamu lakukan untuk salah seorang dari yang paling hina ini, kamu tidak melakukannya juga untuk Aku. 25:46 Dan mereka ini akan masuk ke tempat siksaan yang kekal, tetapi orang benar ke dalam hidup yang kekal." Mat 6:14 Karena jikalau kamu mengampuni kesalahan orang, Bapamu yang di sorga akan mengampuni kamu juga. 6:15 Tetapi jikalau kamu tidak mengampuni orang, Bapamu juga tidak akan mengampuni kesalahanmu."Bil 14:18 TUHAN itu berpanjangan sabar dan kasih setia-Nya berlimpah-limpah, Ia mengampuni kesalahan dan pelanggaran, tetapi sekali-kali tidak membebaskan orang yang bersalah dari hukuman, bahkan Ia membalaskan kesalahan bapa kepada anak-anaknya, kepada keturunan yang ketiga dan keempat. Yes 40:2 tenangkanlah hati Yerusalem dan serukanlah kepadanya, bahwa perhambaannya sudah berakhir, bahwa kesalahannya telah diampuni, sebab ia telah menerima hukuman dari tangan TUHAN dua kali lipat karena segala dosanya. Ayb 13:26 Sebab Engkau menulis hal-hal yang pahit terhadap aku dan menghukum aku karena kesalahan pada masa mudaku;

njlajahweb said...

SEKILAS INFO Qs 40:73 kemudian dikatakan kepada mereka: "Manakah berhala-berhala yang selalu kamu persekutukan, Qs 40:74 (yang kamu sembah) selain Allah?" Mereka menjawab: "Mereka telah hilang lenyap dari kami, bahkan kami dahulu tiada pernah menyembah sesuatu". Seperti demikianlah Allah menyesatkan orang-orang kafir. Qs 40:75 Yang demikian itu disebabkan karena kamu bersuka ria di muka bumi dengan tidak benar dan karena kamu selalu bersuka ria (dalam kemaksiatan). Qs 40:76 (Dikatakan kepada mereka): "Masuklah kamu ke pintu-pintu neraka Jahannam, sedang kamu kekal di dalamnya. Maka itulah seburuk-buruk tempat bagi orang-orang yang sombong".

Qs 13:5 Dan jika (ada sesuatu) yang kamu herankan, maka yang patut mengherankan adalah ucapan mereka: "Apabila kami telah menjadi tanah, apakah kami sesungguhnya akan (dikembalikan) menjadi makhluk yang baru?" Orang-orang itulah yang kafir kepada Tuhannya; dan orang-orang itulah (yang dilekatkan) belenggu di lehernya; mereka itulah penghuni neraka, mereka kekal di dalamnya.

Qs 9:68 Allah mengancam orang-orang munafik laki-laki dan perempuan dan orang-orang kafir dengan neraka Jahannam, mereka kekal di dalamnya. Cukuplah neraka itu bagi mereka, dan Allah melaknati mereka, dan bagi mereka azab yang kekal.

Qs 5:9 (5:8) Hai orang-orang yang beriman hendaklah kamu jadi orang-orang yang selalu menegakkan (kebenaran) karena Allah, menjadi saksi dengan adil. Dan janganlah sekali-kali kebencianmu terhadap sesuatu kaum, mendorong kamu untuk berlaku tidak adil. Berlaku adillah, karena adil itu lebih dekat kepada takwa. Dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.

Qs 5:3 (5:2) Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu melanggar syi’ar-syi’ar Allah, dan jangan melanggar kehormatan bulan-bulan haram, jangan (mengganggu) binatang-binatang had-ya, dan binatang-binatang qalaa-id, dan jangan (pula) mengganggu orang-orang yang mengunjungi Baitullah sedang mereka mencari kurnia dan keridhaan dari Tuhannya dan apabila kamu telah menyelesaikan ibadah haji, maka bolehlah berburu. Dan janganlah sekali-kali kebencian( mu) kepada sesuatu kaum karena mereka menghalang-halangi kamu dari Masjidilharam, mendorongmu berbuat aniaya (kepada mereka). Dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa, dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran. Dan bertakwalah kamu kepada Allah, sesungguhnya Allah amat berat siksa-Nya.

Qs 10:27 Dan orang-orang yang mengerjakan kejahatan (mendapat) balasan yang setimpal dan mereka ditutupi kehinaan. Tidak ada bagi mereka seorang pelindungpun dari (azab) Allah, seakan-akan muka mereka ditutupi dengan kepingan-kepingan malam yang gelap gelita. Mereka itulah penghuni neraka; mereka kekal di dalamnya.

Qs 2:62 Sesungguhnya orang-orang mukmin, orang-orang Yahudi, orang-orang Nasrani dan orang-orang Shabiin, siapa saja diantara mereka yang benar-benar beriman kepada Allah, hari kemudian dan beramal saleh, mereka akan menerima pahala dari Tuhan mereka, tidak ada kekhawatiran kepada mereka, dan tidak (pula) mereka bersedih hati.

Qs 23:101 Apabila sangkakala ditiup maka tidaklah ada lagi pertalian nasab di antara mereka pada hari itu, dan tidak ada pula mereka saling bertanya. 102 Barangsiapa yang berat timbangan (kebaikan)nya, maka mereka itulah orang-orang yang dapat keberuntungan. 103 Dan barangsiapa yang ringan timbangannya, maka mereka itulah orang-orang yang merugikan dirinya sendiri, mereka kekal di dalam neraka Jahannam.

Mat 13:49 Demikianlah juga pada akhir zaman: Malaikat-malaikat akan datang memisahkan orang jahat dari orang benar, 13:50 lalu mencampakkan orang jahat ke dalam dapur api; di sanalah akan terdapat ratapan dan kertakan gigi.

Mat 12:36 Tetapi Aku berkata kepadamu: Setiap kata sia-sia yang diucapkan orang harus dipertanggungjawabkannya pada hari penghakiman.

Unknown said...

Yang lucu sih gue baru ngeh pas baca blog ini, kalo Frans Donald (the author) adalah saksi Yehova. Sekemupulan atau (mungkin) agama, yang paling pengecut yang pernah saya temui. Membohongi orang2 dari rumah ke rumah. Memaksa kita untuk ikut "pendalaman Alkitab" versi saksi Yehova. Benar2 sampah! Saya banyak kenal dengan orang2 yang mengikuti ajaran sesat seperti saksi Yehova. Tapi TAK SATUPUN dari mereka mengaku bahwa mereka adalah saksi Yehova. Mereka hanya mengaku sebagai KRISTEN. Sungguh memalukan!Bagi saya Kristus Yesus adalah Tuhan Allah, Juruselamat dan pengantara kita semua. Jadi buat yang menanggap bahwa Yesus bukan Tuhan, please go the hell with your ideas and plans!

Unknown said...

Yang lucu sih gue baru ngeh pas baca blog ini, kalo Frans Donald (the author) adalah saksi Yehova. Sekemupulan atau (mungkin) agama, yang paling pengecut yang pernah saya temui. Membohongi orang2 dari rumah ke rumah. Memaksa kita untuk ikut "pendalaman Alkitab" versi saksi Yehova. Benar2 sampah! Saya banyak kenal dengan orang2 yang mengikuti ajaran sesat seperti saksi Yehova. Tapi TAK SATUPUN dari mereka mengaku bahwa mereka adalah saksi Yehova. Mereka hanya mengaku sebagai KRISTEN. Sungguh memalukan!Bagi saya Kristus Yesus adalah Tuhan Allah, Juruselamat dan pengantara kita semua. Jadi buat yang menanggap bahwa Yesus bukan Tuhan, please go the hell with your ideas and plans!

Yanni N said...

saya pikir Judul tulisannya Frans D yang cetar membahana ini akan menyebutkan Pdt. Bambang Nurseno telah melakukan pendustaan Alkitab yang luar biasa, ternyata hanya curhatan emosional murahan mengenai SMS... tapi saya tertarik kalimat Frans D bahwa Pdt. Bambang N mengatakan bahwa aliran unitarian melakasanakan atau menyelenggarakan Seminar pada tahun 2007 dan itu salah karena mereka bukan penggagas atau yang mengini siasi, loh kan pak Bambang tidak mengatakan Unitarian menggagas atau menginisiasi....tetapi pak Bambang N mengatakan Unitarian menyelenggarakan atau melaksanakan, menggagas dan menyelenggarakan itu dua hal yg berbeda. bisa gagasannya gagasan saya tapi yang menyelenggarakan anda. pertannyaanya apakah kalia menyelenggarakan atau tidak???

natasyarenata said...

orang iri bikin blog gak berbobot.. penuh kebencian bukan berdasarkan pada fakta dan referensi riil.. duh kasian ya anda menyimpan kepahitan yg membuat diri anda sendiri menjadi tidak dihargai oleh orang lain.. menebar kebencian dan tidak bertanggung jawab.. berdoalah, minta petunjuk sm Tuhan!

Unknown said...

Hi Frans bertobatlah sebelum terlambat

wahjoe prasetijoe said...

Saya pernah membaca sebuah buku yg sdh diterjemahkan kedalam bahasa indonesia. Judulnya 'Iblis menggugat Allah' Isinya persis yang dilakukan beberapa orang yang memperdebatkan pemaknaan Allah Bapa. Memanfaatkan kelemahan manusia dalam berlogika dengan cara mempermainkan kata2 yang digunakan dalam kitab suci. Saya hanya bisa tersenyum dengan melihat peristiwa2 tersebut. Berlindung dibalik status profesi keagamaan beberapa orang saling menjual pembenaran. Menjual nama Allah sebagai komoditas jualannya. Luar biasa sekelompok ciptaan mendebatkan Penciptanya......Apa yang kamu tabur itu yang kamu tuai

Unknown said...

Bertobatlah frans

Unknown said...

Bertobatlah frans

Unknown said...

Terima kasih Pak Frans Donald, telah menguji IMAN KRISTEN kami, lanjutkan dengan santun.

Unknown said...

Thank's Bp Frans Donanald tlh menguji Iman Kristen kami, lanjutkan dgn santun.

Anonymous said...

Frans Donald, judul tulisan anda dengan isinya tdk sejalan. Jujur tulisan anda jauh dari layak dan saya meragukan kualitas akademik anda. Btw anda dari saksi Yehovah ya ? Saya tdk berlatar pendidikan Theologia dan jg hanya Umat Kristen di sebuah Gereja kecil di Makassar. Kapan anda dan saya bisa ketemu dlm sebuah acara membahas pandangan Anda ttg Yahwe dan Yesus. Saya menunggu dan saya pasti datang, kapan dan dimanapun (sampaikan 2 minggu sebelumnya krn saya jg seorang buruh harian di perusahaan swasta yg mesti ijin). Shallom

AbuMirza said...

Orang Islam setahu saya ketika berdoa tidak pernah mengatakan "Ya Allahku" tapi mereka akan mengatakan "Ya Allah,tuhanku".Allah adalah nama persembahan atau tuhan. Untuk semakin de
Menghadirkan Allah dalam hati,orang Islam menyebut nama Allah berulangkali setelah meyakini bahwa Allah adalah tuhan penguasa alam.

AbuMirza said...

Orang Islam setahu saya ketika berdoa tidak pernah mengatakan "Ya Allahku" tapi mereka akan mengatakan "Ya Allah,tuhanku".Allah adalah nama persembahan atau tuhan. Untuk semakin de
Menghadirkan Allah dalam hati,orang Islam menyebut nama Allah berulangkali setelah meyakini bahwa Allah adalah tuhan penguasa alam.

AbuMirza said...

Orang Islam tidak pernah membatasi Alloh.Bagaimana mungkin muslim akan merasa Bisa membatasi Allah sedangkan setiap hari mereka mengucapkan Alloh Maha Besar.Allah tidak bisa dibatasi oleh siapapun karena selain Allah adalah ciptaanNya, termasuk Isa AS. Ia tidak bisa membatasi Allah SWT.

AbuMirza said...

Dulu katanya ada aliran Kristen yang mengatakan Isa hanya nabi bukan tuhan. Apakah uNitarian sisa sisa dari golongan itu?

AbuMirza said...

Muslim gak ada yang menganggap Isa bin Maryam sebagai ilah atau sesembahan.

AbuMirza said...

Dulu katanya ada aliran Kristen yang mengatakan Isa hanya nabi bukan tuhan. Apakah uNitarian sisa sisa dari golongan itu?

Unknown said...

Untuk Internet tanpa batas, maafkan sy jika sy harus mengatakan maling teriak maling..
kata orang jangan sotoy alias sotta, klo otaknya isinya dempul terus pendengarannya seperti "nabi si telinga" yah kayak begini, hikayat dan cerita dongeng masuk dalam kitab suci dan isi kitab suci ditulis sesuai kebutuhan, kadang diplintir dan diputar balik sesuai keinginan.
inilah yang sy sebut sebagai The Real Antichrist alias The Beast Profet.

Be shum elah said...

Cukup jelaskan pengertian unitarian tanpa melakukan manipulasi/KKN (Korupsi, Kolusi dan Nepotisme) berdasarkan Alkitab karena ini bukan KKN (Kuliah Kerja Nyata) seperti yang kalian lakukan untuk membenarkan diri dan menguatkan dasar fitnah kalian. Ingat!. Ini menyangkut kehidupan kekal kalian dan jangan menajiskan Kebenaran Hidup sebagai Jalan menuju Bapa Surgawi (intinya, jangan memenggal kuasa Allah). Selamat berjuang dan Tuhan Yesus memberkati.

natash91 said...

utk mengenal TUHAN yg benar , kuncinya adala kerendahan hati dan BERDOA..sehingga ROHKUDUS akan turut bekerja dlm proses pengenalan TUHAN yg benar dan jalan kebenaranNYA yg sejati..membutuhkan KERENDAHAN HATI dan KETULUSAN HATI dlm pengenalan ALLAH YG BENAR

Kombel Guru SMP said...

Pernah saksi yehovah kerumah saya dengan mau merayu anak saya yg msih sma utuk ikut aliran nya. Tpi waktu ketemu saya bilang sya kristen aliran klenteng. Budha koghucu dan Tao. Juga sedikit syiah. Kok orag itu gak balik lagi kerumahku.. Hahaha..

Kombel Guru SMP said...

Pernah saksi yehovah kerumah saya dengan mau merayu anak saya yg msih sma utuk ikut aliran nya. Tpi waktu ketemu saya bilang sya kristen aliran klenteng. Budha koghucu dan Tao. Juga sedikit syiah. Kok orag itu gak balik lagi kerumahku.. Hahaha..

Suara Rakyat said...

joooosssss buwanget pak

Pikiran Positif said...

Betul Richard orang percaya yg sunguh2 itu bergaul intim dgn Dia dengar Dia ngomong dalam Hati(intuisi)p jadi tau persis yg mana Kebenaran itu.....ok

ARTE BELLA said...

Yesus lahir dari Firman Allah(ada saksinya). Muhammad lahir dari
sperma orang(ada saksinya). tau bedanya? Injil mula2 bukan Kitab
tapi peristiwa, lalu dicatat. Quran mula2 ada adalah Kitab, turun dari
langit, tanpa saksi, lalu Muhammad ngaku2 nabi, tanpa saksi. tau
bedanya? Injil itu dibawah Yesus. Quran diatasnya Muhammad.
Yesus itu Tuhan, Quran itu kertas, kertas tak bisa disebut Tuhan. Yesus itu Firman,
manusia. Quran itu Firman, kertas. Tidak mungkin anda bilang Quran
itu Tuhan, karena bentuknya kertas. Yesus Firman Allah, sebagai
Firman Allah dia disebut Tuhan. Quran itu kertas, walau dia Firman
Allah, tak mungkin bisa disebut Tuhan, karena bentuknya kertas. tau
bedanya?
Injil itu membritakan Yesus, bukan Yesus membritakan Injil.
Muhammad membritakan Quran, bukan Quran membritakan
Muhammad. tau bedanya?
Muhammad ngaku2 nabi, tanpa saksi,
ngaku2 dapat Wahyu dari langit, tanpa saksi, lalu punya istri sampai
15, sex 15 vagina tiap malam, sama seperti Gigolo. Bagaimana?


"frans donald keluar dari sperma"

ARTE BELLA said...

Yesus lahir dari Firman Allah(ada saksinya). Muhammad lahir dari
sperma orang(ada saksinya). tau bedanya? Injil mula2 bukan Kitab
tapi peristiwa, lalu dicatat. Quran mula2 ada adalah Kitab, turun dari
langit, tanpa saksi, lalu Muhammad ngaku2 nabi, tanpa saksi. tau
bedanya? Injil itu dibawah Yesus. Quran diatasnya Muhammad.
Yesus itu Tuhan, Quran itu kertas, kertas tak bisa disebut Tuhan. Yesus itu Firman,
manusia. Quran itu Firman, kertas. Tidak mungkin anda bilang Quran
itu Tuhan, karena bentuknya kertas. Yesus Firman Allah, sebagai
Firman Allah dia disebut Tuhan. Quran itu kertas, walau dia Firman
Allah, tak mungkin bisa disebut Tuhan, karena bentuknya kertas. tau
bedanya?
Injil itu membritakan Yesus, bukan Yesus membritakan Injil.
Muhammad membritakan Quran, bukan Quran membritakan
Muhammad. tau bedanya?
Muhammad ngaku2 nabi, tanpa saksi,
ngaku2 dapat Wahyu dari langit, tanpa saksi, lalu punya istri sampai
15, sex 15 vagina tiap malam, sama seperti Gigolo. Bagaimana?

Cindra said...

rekan semua jika menulis tulis lah kebenaran dan hanya kebenaran jangan saling menyerang saling menjelek jelekkan jangan saling memojokkan adalah lebih indah jika kita saling mendoakan

alfafa hakim said...

Si ARTE BELA ini tidak cocok hidup di Indonesia yg kehidupannya berdampingan dengan pemeluk agama lainnya. Pengadu domba antar umat beragama, provokator, sampah! Enyah saja kau dari NKRI..!!!

Sihotang said...

Ketahuan yg bikin postingan ini merupakan anak cucu nya lucifer, iblis teriak iblis.

Unknown said...

Frans, kau orang paling sesat di dunia, ayoh bertobatlah, belajar Alkitab secara komprehensif, supaya mengerti bahwa Yesus adalah Tuhan dan Jan juruselamat, anda yang memfitna, BP bambang, dia bukan sarjana hukum tapi dia doktor teologi

jamursbamedi.blogspot.com said...

Nda jelas ini Blog

Agustinus Supriyanto said...

Sdr. Frans Donald... sebenarnya saya mengagumi karya anda... tapi ketika anda berseberangan pemikiran dengan Bpk. Bambang N... seharusnya anda berbicara bijak dan bukan menyerang profil pribadi dan latar belakang dengan ucapan yang tidak berkelas .. face to face dialog terbuka... itupun kalau anda berani.

peace said...

Untuk Saudara terkasih Frans Donald.. satu hal yg anda tidak pahami adalah.. untuk mengenal Yesus tidak bisa hanya dengan mengandalkan otak anda.. tetapi harus diikuti keterbukaan hati utk mengenal kasihnya.. karena kasih itu tidak bisa diukur dgn otak manusia tetapi hanya bisa ditasa dgn hati manusia.. Sekarang sy hanya membuka wawasan anda saja.. saat ini sdh banyak kesaksian umat yg sebelumnya bukan kristen, bahkan tdk pernah diinjili..kemudian didatangi Yesus baik dalam penglihatan atau dalam mimpi.. kemudian mereka bersaksi bahwa Yesus mengatakan dialah Tuhan dan Allah itu sendiri..dan hati mereka langsung percaya karena hati mereka disentuh oleh pancaran kasih yg dibawa Yesus saat menunjukan diri.. dan silahkan anda tanya mereka.. apakah mereka yakin Yesus sebagai Allah atau hanya semacam nabi??.. pasti semua mengakui ke Allahan Yesus atau mengakui Trinitas.. demikian juga sebagian besar umat kristen yg tdk didatangi yesuspun mengakui dan menyadari dan percaya akan hal itu karena membaca alkitab.. jadi. ada 2 sebab org percaya Yesus sebagai Tuhan yaitu dgn bertemu langsung dgn Yesus dan dgn membaca alkitab.. artinya apa saudaraku?.. andalah yg tentunya keliru dalam memahami alkitab yg ada jika anda tidak paham kenapa Yesus itu sebenarnya Allah itu sendiri.. saran saya coba anda berdoa dgn sungguh2 pada Tuhan utk menunjukan dirinya pada Anda.. spy anda seperti umat muslim yg dulu sangat tdk percaya Yesus adalah Tuhan, karena dijumpai langsung Yesus kemudian percaya dgn hatinya bhw Yesus itu memang Tuhan.. smg saja Tuhan menjawab doa anda.. GBU.

Unknown said...

Setuju..👍

MLMpenipu said...

Ah kau cuma bisa ngomong doang. Debatlah bambang di publik spy jelas kapasitasmu. Sampah!

Manogusitungkir said...

Kebanyakan bacoot memang orang itu...
Bila memang anda punya kapasitas coba ajak debat itu bpk. Bambang Nor
sena

Bambang Rochadi said...

saudaraku semua memang kebenaran adalah ghoib adanya didalam rasa, tapi rasa juga macam macam, jadi mari kita senantiasa berdoa mohon petunjuk kepada Tuhan supaya slalu ada dalam jalan yang benar dalam segala hal,dan benar menurut Tuhan, aamiin